Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terasering Lombok Barat | Terasering Menakjubkan Yang Wajib di Kunjungi

ilustrasi foto dari ig /@lombokhitts

Terasering adalah hamparan lahan pertanian yang dibuat berundak-undak, dengan fungsi untuk mencegah longsor. Biasanya, terasering mudah dijumpai pada lahan yang digunakan untuk menanam padi. 

Alasan mengapa dibuat berundak-undak juga, agar pengairan mudah dilakukan dan merata ke tiap lahan. Namun, undakan inilah yang terlihat cantik, bila ditata dengan baik. Bisa jadi destinasi dan menarik minat pengunjung untuk datang menikmati keindahan alam.

Sekilas Tentang Terasering Di Lombok Barat

Terasering yang paling banyak dikenal yaitu terletak di kawasan Bali. Namun, tenang. Bagi masyarakat Lombok, tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati indahnya Terasering. Di Lombok juga ada, bahkan tidak kalah menarik. Tepatnya di Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Terkadang, diri merasa jenuh, kalau harus berlibur di pantai atau taman kota. Sesekali, cobalah mampir di tempat wisata ini. Di sini, akan tersuguhkah pemandangan hijau muda yang menghanyutkan sejauh mata memandang.  

Membuat tenggelam pada nyamannya suasana pedesaan yang jauh dari kata bising. Tentang udara, tidak perlu lagi diragukan. Amat sejuk dan dingin. Apa lagi, saat datang berkunjung di pagi hari. Suhu dingin, bisa langsung menembus hingga ke tulang.

Tempat ini, juga cocok buat para wisatawan pemburu foto estetik. Cukup naik di gundukan yang paling tinggi dan ambillah foto dari atas sana. Di jamin, foto indah lagi menawan akan langsung tercipta. Terbayang bukan? Bagaimana indahnya hamparan padi yang hijau berpadu dengan biru cerah langit. Mata siapa saja, akan betah untuk terus menatap. 

Keindahan Terasering Lombok Barat

Bila akan mampir di terasering di Lombok Barat Ini, pastikan datang saat petani telah menanam padi. Biar apa? Biar bisa menikmati hijaunya area persawahan. Datang sekitar jam delapan pagi. Pastikan juga untuk selalu membawa bekal. Kenapa harus membawa bekal? Terkadang, berjalan jauh apalagi harus mendaki tiap undakan area persawahan, membuat isi perut cepat terkuras. Saat sudah sampai di undakan paling puncak, cobalah makan bekal yang dibawa tadi. Rasa nikmat akan didapatkan sepuluh kali lipat daripada makan di rumah. 

Duduk di tikar dan hirup banyak-banyak udara. Sambil menikmati makanan. Dijamin, tidak akan didapatkan di tempat lain rasa nikmatnya.

Untuk waktu pas saat datang berkunjung di sini, tentu waktu pagi hari. Kalau mendekati sore, hamparan hijau padi, dilahap oleh sinar jingga sang mentari, membuat warna padi, tidak terlalu kelihatan. 

Namun, jangan berkecil hati kalau tidak bisa datang waktu pagi hari. Sore juga bisa. Saat sore hari, ada banyak tempat untuk mengambil gambar. Entah itu di pematangnya atau tempat arah matahari akan terbenam. Perlu diingat juga, tetap jaga keselamatan saat akan mengambil gambar. Jangan sampai karena sibuk memilih arah yang tepat, sampai tidak melihat ke sekeliling.

Kelestarian Terasering Lombok

Terasering di Lombok Barat ini, selalu terjaga dengan baik. Wisata ini juga sudah pernah masuk sepuluh besar wisata terbaik di Indonesia. Jadi, tidak usah khawatir lagi, tidak akan mengecewakan. Pemerintah daerah pun mau keluar biaya untuk pembangunan. Seperti akses jalan dipermudah, pengaturan lahan, dan lain sebagainya. 

Masyarakat sekitar juga mau diajak bekerja sama. Mereka bergotong royong membangun, menjaga, dan memelihara. Tidak heran lagi, kalau tempat ini selalu bersih dari yang namanya sampah. Membuat udara tetap segar, lingkungan sekitarnya juga asri. 

Tertarik untuk berkunjung? 

Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "Terasering Lombok Barat | Terasering Menakjubkan Yang Wajib di Kunjungi"