Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Aman Bersepeda saat Pandemi Corona Covid-19

 

ilustrasi gambar berasal dari : pixabay.com

Bersepeda menjadi hobby yang banyak digemari oleh masyarakat baik orangtua ataupun anak muda, salah alat transportasi yang tidak memiliki polusi udara ini menjadi trend ketika masa pandemi covid-19. 

Bersepeda menjadi fenomena baru masyarakat untuk hidup sehat, ada banyak alasan masyarakat memilih bersepeda antara lain bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika pandemi.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bersepeda dimasa pandemi agar tetap aman dan terjaga dari terpaparnya covid-19.

Berikut 15 Tips Aman Bersepeda saat Pandemi Corona Covid-19 yang wajib diketahui oleh para pecinta bersepeda :

1.    Memakai Masker

Memakai masker yang dapat menyerap keringat dengan baik, Keamanan serta kenyamanan harus diperhatikan pesepeda penggunaan masker dapat menghindari penularan dari virus yang sedang terjadi saat ini. Disarankan untuk memilih masker yang berbahan kain 3 lapis selain dapat menyerap keringat dengan baik juga terbukti efektif dalam pencegahan covid-19.

2.    Membawa alat pelindung diri

Selain menggunakan masker hal yang harus digunakan adalah pelindung diri seperti helm pelindung siku dan alat lain yang berguna ketika kegiatan bersepeda. Keamanan menjadi nomer satu ketika berada di jalan raya.

3.    Sedia Hand Sanitizer

Selalu membawa hand sanitizer , selain masker hand sanitizer terbukti ampuh menghambat penularan virus, ketika bersepeda terkadang tidak selalu bertemu dengan tempat mencuci tangan yang tersedia di tempat umum. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut gunakan lah hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman ketika akan mengkonsumsi makanan.

4.    Menjaga Jarak Dengan Pesepeda Lain

Untuk menjaga tetap aman pemerintah menganjurkan untuk tetap menjaga jarak 1,5 meter - 2 meter dengan lawan bicara. Menjaga jarak berguna untuk mengurangi resiko penularan COVID-19.

5.    Membawa Air Sendiri

Untuk menghindari dehidrasi ketika sudah berkeringat karena bersepeda sebaiknya membawa bekal air sendiri dari rumah. Membawa air sendiri terjamin kebersihannya dan mudah ketika haus diperjalanan.

6.    Memilih Waktu yang Tepat

Ketika berniat pergi bersepeda pastikan untuk memilih waktu yang tepat agar terhindar dari keramaian. Selain untuk menghindari kerumunan memilih waktu yang tepat akan terasa lebih nyaman ketika bersepeda karena tidak terlalu ramai.

7.    Memilih Rute Untuk Bersepeda

Pemilihan rute bersepeda menjadi pertimbangan ketika pandemi covid-19, pesepeda harus cermat memillih rute yang sepi di jam jam tertentu. Pemilihan rute yang benar bisa menghindari kerumunan yang berakibat penularan virus ketika olahraga bersepeda.

8.    Membatasi Anggota Pesepeda

Jika kalian memutuskan untuk tidak pergi bersepeda sendiri, kalian bisa mengajak rekan atau keluarga untuk berolahraga bersama, Namun perlu diperhatikan untuk tidak terlalu banyak melibatkan orang demi keamanan bersama.

9.    Melakukan Tes Covid-19

Untuk memastikan kalian aman ketika ingin memulai berolahraga sepeda, kalian bisa terlebih dahulu melakukan tes pemeriksaan di rumah sakit terdekat. Selain untuk mengetahui kalian terpapar atau tidak melakukan tes bisa menjadi acuan kalian akan ikut atau tidak bersepeda.

Walaupun hasilnya negatif tetap mengutamakan protokol kesehatan yang sudah ditentukan, gunakan masker dan membawa antiseptik lainnya.

10.    Selalu Hidup Bersih 

Hidup bersih menjadi penentu dari penularan covid-19, apalagi jika kegiatan kalian paling banyak di luar rumah atau ruangan. Tetap menjaga kebersihan diri ketika sudah melakukan kegiatan di lapangan diusahakan untuk langsung membersihkan diri dan berganti pakaian.

Ketika diluar ruangan sering kali kalian membuka masker karena berinteraksi dengan kerabat atau sekedar makan dan minum. Alasan Bersepeda Ketika Masa Pandemi :

11.    Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan bersepeda hampir semua otot yang ada di tubuh bergerak sehingga saluran udara akan menyuplai darah dengan maksimal ke seluruh tubuh. Selain itu dengan bersepeda saluran pernapasan akan terlatih dengan baik. 

12.    Transportasi Alternatif

Jika kalian terbiasa dengan alat transportasi yang berkerumun seperti kereta nampaknya ketika pandemi terjadi hal tersebut sudah tidak bisa dilakukan lagi. Untuk keselamatan juga terhindar dari terpaparnya covid-19, penggunaan sepeda untuk jarak dekat bisa menjadi saran selain menyehatkan juga bisa menghindari kerumunan.

13.    Terbiasa Menjaga Jarak

Jika seseorang sudah terbiasa menggunakan sepeda mereka pasti sudah terbiasa untuk menjaga jarak dengan rekan kerja atau lainnya yang memicu penularan covid-19. Hal itu baik mengingat kasus penularan masih sangat tinggi sampai hari ini, menjaga jarak bisa menjadi solusi terbaik.

14.    Olahraga Rutin

Alternatif menjaga kebugaran tubuh bisa melakukan kegiatan sepeda, ketika pandemi datang orang orang dituntut untuk diam dirumah tidak melakukan apapun termasuk olahraga rutin, bersepeda bisa menjadi awal untuk hidup jadi lebih sehat.

15.    Membuat Lebih Bahagia

Selain berolahraga bersepeda juga bisa menjadi sarana merileksasikan tubuh dan pikiran dengan mengunjungi tempat tempat yang aman sehingga bisa sedikit menghilangkan penat tentang pekerjaan.

Itu dia 15 Tips Aman Bersepeda saat Pandemi Corona Covid-19 Olahraga adalah pilihan yang tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Segera tentukan olahraga apa yang akan kalian pilih tetap menjaga jarak dan gunakan protokol kesehatan, selamat berolahraga!

Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "15 Tips Aman Bersepeda saat Pandemi Corona Covid-19"