Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Memulai Bisnis Cafe Yang Menguntungkan

ilustrasi gambar berasal dari pixabay.com

Jika kalian seorang pemula yang baru ingin memulai bisnis cafe, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan perhatikan. Perlu kitta ketahui bahwa peluang usaha di bidang wisata kuliner sangat menjanjikan, Ada beberapa yang terkenal dan menarik pengunjung untuk datang salah satu nya adalah bisnis usaha cafe.

Bisnis cafe saat ini sedang digemari oleh kalangan anak muda, tempat yang nyaman dan unik dapat memikat mereka untuk datang berkunjung. Namun sudah banyaknya bisnis cafe di setiap kota mengharuskan kita untuk memutar otak memikirkan konsep yang unik dan sesuai dengan cafe kekinian yang saat ini laris di kalangan masyarakat.

Perlu diketahui bisnis cafe ini sendiri memiliki pasar yang kuat dan pasti mendatangkan keuntungan yang besar. Ada beberapa kriteria cafe yang digemari oleh anak muda dan masyarakat seperti cafe  dengan harga terjangkau, memiliki banyak menu yang lezat, yang sangat berpengaruh adalah tempat dan konsep yang nyaman dan menarik.

Untuk mempersiapkan bisnis cafe kalian harus tahu tips-tips yang tepat untuk membangun usaha cafe yang sukses dan bisa bersaing diantara pebisnis yang sudah lama melintang di dunia cafe.
Berikut adalah 15 Tips Memulai Bisnis Cafe Yang Menguntungkan .

1.    Memilih Tempat yang Strategis

Tips yang harus di pikirkan pertama dalam membangun bisnis cafe adalah bagaimana agar cafe yang kita kelola ramai akan pengunjung yang datang. Pemilihan tempat yang strategis dan berpeluang untuk ramai dari pengunjung diusahakan menentukan tempat yang banyak dilewati oleh masyarakat. Oleh karena itu melakukan peninjauan lokasi dan pengamatan sangat menentukan dalam keberhasilan membangun bisnis usaha cafe.

Setelah menentukan tempat yang cocok dan strategis, bangunlah tempat dan suasana cafe yang nyaman dan menarik hal itu penting demi membuat pengunjung betah. Kalian bisa menambahkan beberapa dekorasi seperti penambahan beberapa tanaman hias atau dekorasi dinding yang bisa menjadi spot foto menarik untuk pengunjung. Dalam beberapa kasus dekorasi dan desain sebuah cafe sangat berperan besar dalam menarik perhatian pengunjung.

2.    Tentukan Menu yang Lezat

Memiliki menu makanan dan minuman yang mengutamakan kualitas dan cita rasa menjadi prioritas pengelola cafe, hal tersebut tidak akan mengecewakan pengunjung yang datang. Selain menu yang sudah familiar  di lidah pengunjung cobalah beberapa menu dengan cita rasa baru.

Perhatikan pula budget dan pasar dimana cafe itu dibangun, kebersihan serta makanan yang enak akan membuat pengunjung senang dan berkunjung kembali suatu saat nanti.

3.    Tentukan Harga yang Sesuai

Cafe dengan harga yang terjangkau menjadi salah satu faktor kesuksesan mendirikan bisnis cafe. Pengelola harus menyesuaikan harga setiap menu dengan daya beli masyarakat sekitar, harga berperan aktif dalam suksesnya bisnis cafe.

4.    Beli Peralatan yang Murah Berkualitas

Membeli peralatan ketika memutuskan membangun bisnis cafe pun sangat di rekomendasinya untuk di sesuaikan dengan budget awal. Lebih bagus jika membeli beralatan yang ramah di kantong sehingga modal yang lain bisa digunakan dulu untuk keperluan yang lebih penting dan berguna untuk cafe.

5.    Gunakan Strategi Marketing yang Tepat

Ada banyak hal yang bisa digunakan sebagai sarana marketing pemasaran, pengelola harus cerdas memilah strategi mana saja yang akan berhasil membuat nama cafe di kenal dan di datangi oleh pengunjung. Gunakan tehnik marketing yang minim biaya untuk pertama kali membangun usaha cafe seperti marketing di sosial media yang gratis dan di sekitar cafe yang dapat mengundang pengunjung datang.

6.    Tidak Terlalu Banyak Mengambil Pegawai

Untuk pertama kali membangun cafe diusahakan untuk berfokus ke produk dan kualitas pelayanan. Sebisa mungkin untuk meminimalisir terlebih dahulu terlalu banyak pegawai, kalian bisa belajar mengelola cafe dengan sendiri bahkan dengan keahlian yang sudah dimiliki. Hal tersebut bisa memperkecil pengeluaran serta menjaga keuntungan ketika merintis usaha cafe.

7.    Konsep Cafe Menarik

Memiliki konsep cafe yang menarik adalah pilihan pertama yang harus dipikirkan matang matang karena konsep tidak bisa di rubah cepat karena akan memakan biaya yang sangat mahal. Sebelum hal itu terjadi lebih baik memikirkan matang matang konsep seperti apa yang akan di pilih dan menarik untuk jangka waktu yang lumayan lama.

Sediakan beberapa spot foto untuk pengunjung karena saat ini nongkrong menjadi rutinitas anak muda untuk kebutuhan sosial medianya.

8.    Membeli Dekorasi yang Murah

Beberapa dekorasi cafe tidak melulu dengan harga yang mahal ada banyak pilihan yang bisa diambil, cafe kekinian sekarang lebih sering memanfaatkan tanaman hias atau tanaman kering walaupun dengan harga yang terjangkau bisa meningkatkan suasana cafe menjadi lebih fresh dan tidak membosankan.

9.    Beli Bahan Baku dari Grosir

Memilih bahan baku dari grosir dan pasar akan sedikit memangkas pengeluaran biaya produksi. Bahan baku dari grosir walaupun terkenal lebih murah namun memiliki kualitas yang sama dengan bahan baku yang biasa di dapat di minimarket. Membeli bahan baku dengan kuantitas banyak pun bisa mengurangi harga produksi.

10.    Bekerja Sama dengan Investor

Pilihan menjalin kerjasama bisa diambil atau tidak namun jika konsep dan usaha cafe sudah jelas memiliki seorang investor akan sangat membantu demi kemajuan cafe dari segi pendanaan. Kalian bisa memilih mengelola bisnis cafe sendiri atau bekerja sama sebagai partner dengan seorang investor.

11.    Live Musik atau Hiburan

Hiburan sangat di cari untuk kalangan anak muda bahkan mereka sengaja mengunjungi cafe hanya untuk menghilangkan rasa jenuh dan penat dari kegiatan sehari harinya. Adanya live musik sangat berpengaruh besar kepada pengunjung yang datang jika merasa terhibur pengunjung akan datang kembali di lain waktu dengan beberapa teman hal tersebut sudah pasti akan meningkatkan keuntungan bagi cafe.

12.    Sediakan Promo Spesial

Adanya Promo spesial di beberapa event nasional atau hari tertentu bisa meningkatkan pelanggan yang tertarik dengan penawaran promo spesial. Dibeberapa contoh banyak sekali pengelola cafe yang menggunakan promo promo untuk mendongkrak penjualan dari produk yang ditawarkan.

Promo spesial masih efektif untuk dilakukan, walaupun harus mengurangi harga atau menyediakan give berupa barang hal tersebut akan tertutup oleh pemasukan dari penjualan tentunya dengan teknik dan strategi promo yang benar.

13.    Serius dan Bersungguh Sungguh

Ketika memutuskan berbisnis hal yang penting adalah keseriusan dan kesungguhan mengelola bisnis itu sendiri. Jangan sampai usaha yang sedang dirintis berhenti di tengah jalan hanya karena bosan dan menyerah akan hasil yang didapatkan.

Teguhkan hati lakukan semuanya dengan niat kesuksesan hal tersebut berguna untuk memicu semangat mengembangkan bisnis yang sudah dijalankan.

14.    Menyewa Tempat atau Stand

Bagi kalian yang belum siap membangun cafe sendiri karena terbentur oleh biaya dan pendanaan dengan menyewa stand atau lapak di beberapa cafe berjenis kedai atau foodcourt bisa menjadi langkah awal untuk memulai bisnis cafe. Selain dapat memangkas biaya hal tersebut bisa dilakukan sambil belajar tentang manajemen cafe dan mengetahui praktek secara langsung dari kegiatan penjualan.

Ini sangat membantu untuk menambah pengalaman untuk langkah yang lebih maju kedepannya.

15.    Buat Cafe Nyaman Untuk Nongkrong dengan Lesehan atau Halaman

Pilihan terakhir adalah menyediakan tempat nongkrong yang nyaman dengan konsep cafe lesehan atau halaman yang memiliki luas yang lumayan besar. Suasana cafe yang memiliki halaman saat ini sedang menjadi trend karena pada dasarnya cafe bukan hanya tempat untuk sekedar menikmati menu yang disediakan.

Ada faktor lain pengunjung datang ke cafe seperti menjadikan cafe sebagai tempat nongkrong bersama teman atau pasangan, ada juga yang mencari cafe yang nyaman sebagai tempat bekerja mencari inspirasi, atau memilih cafe untuk tempat berfoto karena cafe tersebut memiliki suasana yang menarik dan instagramable.

Nah itu dia 15 Tips Memulai Bisnis Cafe Yang Menguntungkan, masih banyak yang harus diperhatikan untuk seseorang yang pemula ketika memutuskan untuk usaha dibidang cafe. Semoga dari informasi diatas bisa memberikan sedikit gambaran untuk memulai peruntungan berbisnis.

Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "15 Tips Memulai Bisnis Cafe Yang Menguntungkan"