Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula yang Low Budget Dijamin Murah - Sukabumi Explore

 

ilustrasi gambar berasal dari : pixabay.com

Punya keinginan berlibur ke kota jogja dalam waktu dekat ini? jogja memang kota wisata yang sangat populer karena keindahan dan keragaman tempat wisatanya. Ada banyak tempat menarik yang bisa di kunjungi di jogja, namun tak jarang para wisatawan tidak memperhitungkan pengeluaran ketika liburan.

Karena mengganggap di kota jogja hampir semua murah tanpa disadari bekal untuk liburan habis begitu saja, untuk mengantisipasi akan hal itu cek beberapa tips di bawah ini agar liburan kalian bisa lebih hemat dan lebih teratur mengeluarkan uang.

1.    Menentukan Tujuan Liburan yang Akan Di Kunjungi

Sebelum memutuskan untuk pergi liburan ke kota jogja di sarankan untuk menentukan terlebih dahulu tempat mana saja yang akan menjadi tujuan berlibur, menentukan jadwal akan mempermudah ketika waktu berlibur sudah tiba. Ketika sudah sampai kota jogja pengunjung tidak akan lagi kebingungan tempat mana dahulu yang ingin dikunjungi hal itu akan sangat berguna sekali untuk keefisienan waktu.

2.    Merencanakan Budget Liburan

Sangat penting memperhitungkan pengeluaran apa saja yang akan terjadi ketika berlibur guna mempersiapkan keseluruhan budget yang harus di siapkan. Agar kegiatan liburan berjalan dengan aman dan nyaman, pikirkan juga tentang pengeluaran tak terduga yang bisa terjadi kapanpun.

3.    Pilih Penginapan Yang Sesuai Budget

Pemilihan penginapan pun akan berpengaruh kepada budget yang dikeluarkan, walaupun rata rata penginapan di kawasan wisata itu mahal tidak menutup kemungkinan mendapat penginapan yang sesuai dengan budget pengunjung. Pilihan penginapan sangat penting untuk wisatawan yang ingin menghabiskan waktu yang cukup untuk mengexplore kota jogja.

4.    Mempersiapkan Barang Secukupnya

Sebaiknya untuk mempersiapkan barang bawaan secukupnya saja dari pada akan mempersulit ketika di perjalanan terkadang bisa tertinggal dipenginapan.
Jangan lupa untuk membawa beberapa obat obatan seperti obat merah atau masuk angin hal ini berguna untuk mengantisipaso kejadian yang tidak terduga ketika berwisata.

5.    Tentukan Kendaraan Yang Akan Digunakan 

Mempersiapkan keberangkatan pun sangat penting ketika memutuskan pergi liburan, sebaik mungkin pilih akan menggunakan kendaraan apa untuk berlibur. Jika memutuskan membawa kendaraan pribadi agar mengecek terlebih dahulu kesehatan kendaraan yang menunjang dalam perjalanan seperti rem, lampu-lampu dan bahan bakar.

Jika memutuskan menggunakan kendaraan umum untuk mempersiapkan tiket dari jauh jauh hari hal ini sangat berguna untuk mengantisipasi kehabisannya tiket keberangkatan.

6.    Jangan Segan Untuk Menawar

Ada banyak souvenir menarik yang dijajakan pedagang di pinggiran jalan atau toko toko, terkadang harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan budget awal yang sudah kita rencanakan. Alternatif untuk permasalahan budget adalah dengan menawar barang yang ingin kita beli, jika kamu pintar dalam hal menawar barang tentu akan mendapat barang sesuai keinginan dengan budget yang sesuai.

7.    Mengunjungi Tempat Wisata Poluler Dengan Harga Terjangkau

Ada banyak tempat menarik di jogja yang menawarkan harga sangat murah bahkan masih ada yang gratis untuk dikunjungi. Beberapa referensi tempat wisata populer di jogja antara lain malioboro, Keraton, Nol Kilometer atau Tugu jogja tempat tempat tersebut masih memiliki harga tiket yang ramah di kantong dengan view yang menarik dan tidak terlupakan tentunya.

8.    Jangan Memisahkan Diri Dengan Rombongan

Kebersamaan ketika berwisata ke suatu tempat sangat penting demi menghindari terpisahnya anggota dari rombongan wisatawan. Jangan sampai terlalu jauh bepergian apalagi memisahkan diri karena akan merusak jadwal yang sudah ditentukan sejak awal.

9.    Bertanya Ke Seseorang

Ketika sudah berniat berlibur ke jogja tidak ada salahnya jika bertanya beberapa pertanyaan kepada seseorang yang sudah berpengalaman mengunjungi kota jogja. Agar kalian tahu situasi jogja seperti apa untuk menghindari hal yang diluar dugaan. Belajar dari pengalaman seseorang sangat berguna untuk bekal kita di masa depan.

10.    Menjaga Komunikasi Dengan Sesama Rombongan

Kesalahpahaman selalu menjadi masalah besar disetiap saat, untuk mengatasi itu sangat penting untuk menjaga komunikasi dengan rekan yang berniat berangkat bersama. Selalu berkomunikasi tentang semua masalah yang ditemukan agar sesama rombongan tahu dan menemukan solusi permasalahan tersebut.

11.    Makan Di Sekitar Area Kampus

Kota Jogja terkenal sebagai kota pelajar oleh karena itu banyak sekali tempat tempat makan yang menawarkan harga yang sesuai dengan kantong pelajar pula. Mencoba makanan di area kampus tentu akan memangkas pengeluaran sehingga tidak terlalu besar, ada banyak menu yang ditawarkan dan tentu sangat menarik untuk dicoba sebagai pelengkap wisata kuliner murah.

12.    Menyewa Kendaraan Bermotor

Untuk memangkas pengeluaran untuk kalian yang sudah mahir menggunakan kendaraan bermotor tidak ada salahnya untuk menyewa motor untuk lebih menghemat biaya ketika berkeliling objek wisata yang ada di jogja harganya pun sangat terjangkau antara 50ribu - 100ribu saja permotornya bisa digunakan untuk berkeliling kota jogja dengan hemat.

13.    Menggunakan Transfortasi Umum Yang Disediakan

Alternatif lain kalian bisa memanfaatkan fasilitas dari transformasi umum yang sudah tersedia di kota jogja seperti bus trans jogja yang hanya membayar biaya hanya Rp. 3.600 saja untuk sekali perjalanan. Kalian bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik dengan bus transjogja ini.

14.    Menyewa Mobil Jika Berlibur Dengan Rombongan

Jika ingin berkunjung ke banyak tempat sekaligus tidak ada salahnya jika menyewa kendaraan untuk mempermudah dalam bertransfortasi biaya nya pun tidak terlalu mahal untuk kenyamanan diperjalanan.

Banyak sekali jasa sewa mobil di jogja dengan berbagai paket sewa yang ditawarkan khusus mobil city car lepas kunci hanya dihargai 200 ribu per 12 jam sangat terjangkau bukan liburan akan semakin nyaman.

15.    Mengurangi Pengeluaran Yang Tidak Perlu

Tips ini sangat perlu diperhatikan untuk mengatur pengeluaran sesuai dengan budget belilah barang yang diperlukan saja ketika liburan, kalap mata bisa bisa mengeruk semua ini yang ada di dompet hal itu harus dihindari.

16.    Berbagi Tugas Dengan Sesama Rombongan

Untuk mempercepat kegiatan yang mendukung ada baiknya untuk membagi tugas antara rombongan hal ini juga akan berguna untuk kelancaran seluruh acara kunjungan.

17.    Menghindari Makan Di Pusat Wisata

Jangan terkejut jika harga di beberapa tempat makan di pusat wisata begitu mahal untuk menghindari itu diusahakan untuk melihat daftar harga di menu agar sesuai dengan apa yang akan kita bayar nantinya. Dikasus yang viral akhir akhir ini tentang mahalnya harga makanan yang dipesan bisa menjadi gambaran kita ketika pergi berwisata.

18.    Membawa Kendaraan Pribadi

Membawa Kendaraan Pribadi akan sangat membantu sekali untuk menghemat biaya perjalanan ke beberapa tempat wisata, dengan membawa kendaraan pribadi kalian bisa bebas menikmai liburan dijogja tanpa harus bingung kehabisan transfortasi umum.

19.    Berburu Potongan Harga

Hal ini sangat membantu sekali menghemat pengeluaran kita ketika liburan ada banyak sekali potongan yang bisa kalian gunakan seperti mencari tiket promo kereta atau pesawat yang bisa didapatkan di berbagai aplikasi pembayaran yang tersedia di Indonesia.

20.    Datang Di Musim Yang Tepat

Selain datang di musim yang mendukung kegiatan wisata yaitu cuaca, musim liburan pun akan sangat berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan lho. Jadi disarankan untuk datang di musim yang tepat untuk menghemat kegiatan berwisata kalian.

Nah itu dia 20 Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula yang Low Bugdet Dijamin Murah semoga bisa sedikit menjadi gambaran teman teman yang berniat untuk berllibur.

Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "20 Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula yang Low Budget Dijamin Murah - Sukabumi Explore"