Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Situ Batu Karut Sukabumi, Danau Indah Yang Jadi Salah Satu Tujuan Berwisata

ilustrasi foto dari ig /@situbatukarut

Sukabumi tak hanya terkenal dengan wisata pantai dan perbukitan nya namun ada juga danau. Tak ada salahnya jika menelusuri dan mencari tahu danau apa saja yang menarik untuk jadi tempat pilihan berlibur.

Sekilas Tentang Situ Batu Karut Sukabumi


Danau Batu Karut merupakan salah satu danau yang terletak di Sukabumi yang cantik dan menarik untuk di kunjungi, walaupun hanya sebatas danau liburan ke danau batu karut tidak kalah asyik karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Air Danau Batu Karut berasal dari mata air utama hasil persimpangan dari Gunung Pangrango dengan hutan heterogen yang masih asri.


Danau ini juga masih menjadi tujuan wisata pengunjung Sukabumi, karena menawarkan pemandangan yang indah dan masih asri. Masih banyaknya pepohonan yang rindang membuat pengunjung bisa menghirup udara yang segar sembari merefreshkan pikiran. Tak hanya itu terdapat 7 pancuran pemandingan yang bisa di gunaka pengunjung untuk menyegarkan badan.

Banyak pengunjung yang berfoto di samping danau atau menaiki jembatan untuk ke tengah tengah danau, rindangnya pepohonan dengan nuansa pedesaan menjadi daya tarik ketika berfoto yang menambah kesan estetik.

Ketika datang pada sore hari akan banyak pengunjung yang datang untuk memancing tak hanya itu ada juga yang datang untuk menikmati suasana terbenamnya matahari yang pasti bikin foto kalian semakin keren.

Tak usah khawatir di danau batu karut sudah banyak jajanan kaki lima yang siap jadi cemilan pengunjung.

Lokasi Situ Batu Karut Sukabumi

ilustrasi foto dari ig /@sanphotomobile

Beralamat di Jalan Batu Karut RT 03 / RW 08 Desa Selaawi, Kec. Sukaraja, Kab. Sukabumi.

Cerita Tentang Situ Batu Karut Sukabumi

Batu Karut dalam bahasa indonesia adalah batu yang terikat akar karena sejarah dulunya ada sebuah batu yang terikat oleh akar pohon beringin, anehnya akar pohon beringin bisa mengangkat batu setinggi satu meter.

Di Situ Batu Karut pun tumbuh beberapa cerita kuno, menurut penuturan warga setempat, masyarakat masih mempercayai mitos jika pernah ada pohon kelapa yang tumbuh tinggi terletak persis di tengah situ, dan ada juga mitos terdapat seekor ikan yang memiliki anting entah benar atau tidak pasti di setiap daerah memiliki cerita nya masing masing.

Walaupun beredar beberapa cerita masyarakat namun tidak menghalangi pengunjung untuk datang ke Situ Batu Karut ini terbukti di setiap weekend atau libur nasional selalu banyak pengunjung yang datang untuk berwisata menikmati kejernihan air dan mencoba pemandian pancuran 7.

Tips Berkunjung ke Situ Batu Karut Sukabumi

ilustrasi foto dari ig /@ryee_setiawan
  1. Datanglah ketika cuaca sedang cerah mendukung agar dapat menikmati pemandangan dengan maksimal.
  2. Datang pagi atau menjelang sore agar tidak terlalu panas.
  3. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen di Situ Batu Karut.
  4. Ajak rekan, keluarga atau pasangan agar berlibur semakin asik dan menyenangkan.
  5. Bawa pakaian cadangan jika ingin berenang di pemandian atau di selokan yang airnya jernih.
  6. Siapkan uang yang cukup dan bawa kantong sampah kembali agar lingkungan situ batu karut tetap terjaga

Tertarik untuk berkunjung?
keyword :
Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "Situ Batu Karut Sukabumi, Danau Indah Yang Jadi Salah Satu Tujuan Berwisata"