Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Destinasi Yang Wajib Kamu Singgahi Saat Berlibur ke Kalimantan Timur

ilustrasi gambar berasal dari pixabay.com
Kota Kalimantan Timur memang sudah terkenal karena keindahan lautnya, berbagai pantai indah dan asri sering menjadi tujuan berlibur para wisatawan. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kalian jelajahi mulai dari pantai, pulau pulau yang akan memanjakan mata kalian terdapat pula hutan yang kaya akan aneka hewan langkanya lho.

Oleh karena itu untuk kalian yang sedang berada di Kalimantan Timur, Mencoba menjelajahi berbagai objek wisata yang populer tidak ada salahnya bukan. Berlibur sambil menikmati keindahan alam yang bisa membuat kalian terpesona. Berikut 10 Destinasi Yang Wajib Kamu Singgahi Saat Berlibur ke Kalimantan Timur :

1.    Pulau Kakaban


Jika kalian mempunya hobby snorkling datang ke Pulau Kakaban ini adalah pilihan yang tepat, disana kalian akan menikmati banyak sekali ubur-ubur yang akan menemani kalian menjelajah keindahan danau. Kalian akan menemui ribuan ubur-ubur tidak menyengat sehingga aman ketika bermain atau memegangnya.

Pulau kakaban merupakan pulau yang unik karena terdapat danau ditengah laut, tertarik untuk mengunjunginya ? Pulau Kakaban ini terletak di .Kepulauan Derawan Kabupaten Derau, Kalimantan Timur. Pulau ini sudah sering dikunjungi oleh berbagai turis mancanegara yang tertarik akan wisata snorkling dengan ribuan ubur-ubur.

2.    Pulau Maratua

Pulau pulau di Kalimantan terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya tidak hanya itu air yang bening dan bersih sering kali menjadi tempat tujuan para wisatawan untuk mencoba olahraga snorkling. Pulau maratua juga memiliki berbagai jenis resort yang indah dan nyaman, biasanya para wisatawan datang untuk menikmati pantai serta menyewa resort karena kondisi pulaunya tidak seramai pulau Derawan.

Pulau Maratua menjadi destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi ketika berlibur ke kalimantan timur. Lokasi lengkapnya terletak di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau. Pulau ini temasuk kedalam pulau terluar karena berbatasan langsung deng negara Filipina Selatan Dan Sabah.

3.    Pulau Sangalaki

Pulau sangalaki ini sering disebut dengan pulau Manta Point, karena memiliki banyak hewan mirip ikan pari yang akan menemani kalian jika pergi snorkling. Kondisi pasir yang putih bersih serta lingkungan yang sangat terjaga ketika datang ke pulau ini kalian tidak akan sabar untuk segera berenang. Termasuk kedalam surga tersembunyi bagi para pecinta snorkling karena pulau sangalaki sangat kaya akan wisata baharinya yang sangat menakjubkan.

Terdapat banyak diving spot yang bisa kalian pilih, Jika beruntung kalian akan sering menjumpai berbagai ikan pari dan ikan yang menerik dengan berbagai ukuran. Pulau Sangalaki ini pun menjadi tempat para penyu untuk bertelur, Ratusan penyu hijau banyak ditemukan di pulau ini.

Tertarik menjelajah keindahan pantai Pulau Sangalaki?

4.    Pulau Derawan

Pulau Derawan ini menjadi pulau yang paling terkenal di Kalimantan Timur pasalnya memiliki keindahannya, tidak hanya dari pesona pantainya aneka satwa bawah airnya pun sangat unik dan menarik untuk di jelajahi. Air yang biru serta keasriannya yang masih terjaga menjadi salah satu destinasi yang sangat diminati oleh para wisatawan mancanegara.

Ada banyak hal yang bisa kalian kunjungi ketika berlibur ke pulau derawan mulai dari mengunjungi pulau pulau kecil yang tidak kalah menawan, mengunjungi hutan bakau serta menikmati keindahan terumbu karang.

Jangan lupa untuk mengabdikan setiap momen kebersamaan kalian ketika mengunjungi pulau derawan.

5.    Kehe Daeng

Jika berkunjung ke pulau derawan tidak ada salahnya mengunjungi laguna yang belum begitu ramai dikunjungi ini. Dengan air berwarna hijau toska berfoto di sekitaran laguna ini akan begitu menakjubkan. Pesona keindahan laguna ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, air nya jernih serta pasir yang bersih benar benar suasana yang masih alami dan terjaga.

Kita berkunjung ke Danau Kakaban jangan lupa untuk mampir ke Laguna Kehe Daeng ini.

6.    Gusung Senggalau

Salah satu surga tersembunyi di kalimantan timur ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan pasir pantai yang putih dan bersih namun mempunyai spot untuk knorkling yang sangat indah dan menarik.

Kalian bisa berenang dengan berbagai hewan laut langka dan mengabadikannya, saking indahnya akan membuat para wisatawan betah dan galau karena ingin berlama lama di pulau ini. 

7.    Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kec. Biduk-Biduk Kabupaten Berau-Kalimantan Timur. Danau ini terkenal dengan kondisi airnya yang jernih dan berkilau seperti cermin oleh karena itu masyarakat menyebutnya Labuan Cermin.

Karena lokasinya tidak terlalu jauh dari dermaga pengunjung hanya perlu menempuh 10 menit perjalanan menggunakan perahu. Pemandangan alam yang instagramble jangan lupa untuk berfoto sebagai kenang kenangan ketika liburan.

8.    Pulau Manimbora

Jika kalian mencari destinasi wisata yang jarang di kunjungi oleh para wisatawan mengunjungi pulau manimbora adalah lokasi yang tepat. Pulau kecil yang sunyi ini menyimpan keindahan yang nyata pasir pantai yang putih serta air lau yang biru jernih datang ke pulau ini cocok untuk yang sedang mencari suasana berfoto yang berbeda.

Namun dibalik keindahannya pulau manimbora ini menyimpan cerita yang mistis, konon terdapat banyak tumpukan tulang manusia yang dulunya dijadikan tempat pemakaman suku Bajau yang tinggal di Balikukup.

Berkunjung ke pulau ini harus memiliki niat dan keberanian yang lebih.

9.    Goa Losan

Gua ini memiliki pemandangan staklaktit dan staklakmit yang lumayan mencuat ketika pengunjung masuk kedalam goa losan ini. Goa yang terkenal karena memiliki pemandangan yang unik juga menyimpan berbagai keunikan, salah satunya adalah Batu Bernada. Pengunjung ketika memukul bagian batu tertentu suaranya akan terdengan seperti irama instrumen musik.

Untuk bisa masuk ke goa ini pengunjung harus ditemani oleh juru kunci untuk menjelajah keindahan dari goa losan. Goa ini terletak di Kecamatan Komam Kabupaten Paser Berada di perbatasan antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

10. Taman Batu Sembinai

Benteng alam yang cocok untuk dijadikan tempat menikmati keindahan hutan batu borneo adalah bukit batu sembinai. Namun untuk bisa menikmati pemandangan yang cantik pengunjung harus melewati trekking yang lumayan ekstream dan pasti menguras tenaga.

Wisata Alam Bukit Sembinai ini lebih cocok kepada wisatawan yang menyukai trekking dan hiking ekstream karena untuk mencapai puncak saja memerlukan waktu lebih dari satu jam perjalanan. Perlu persiapan khusus untuk bisa sampai ke bebatuan tertinggi objek wisata ini.

Wisata Batu Sembinai terletak di Desa Kasungai Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

Nah itu dia  10 Destinasi Yang Wajib Kamu Singgahi Saat Berlibur ke Kalimantan Timur masih banyak destinasi lainnya yang belum di bahas oleh kami semoga bermanfaat.. Happy Holiday...
Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk " 10 Destinasi Yang Wajib Kamu Singgahi Saat Berlibur ke Kalimantan Timur"