Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Destinasi Wisata Paling Kece di Karimunjawa

ilustrasi gambar berasal dari ig/@jeparakekinian

Untuk wisatawan yang belum mengenal kepulauan yang satu ini, wajib untuk mencari tahu. Gugusan pulau yang membentang di sebelah utara pulau Jawa ini terletak di kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Dengan luas kurang lebih 1.500 hektar dan luas perairan kurang lebih 110.000 hektare, kawasan ini memiliki 27 pulau. Mari menelisik wisata paling kece di Karimunjawa yakni pulau dengan julukan Carribean Van Java ini.

1.    Pulau Cilik

ilustrasi gambar berasal dari ig/@ekosept14n

Dalam bahasa Jawa memiliki arti kecil. Namun, wisatawan jangan sampai salah. Bukan berarti pulau ini sempit dan tidak istimewa. Kecil-kecil cabai rawit. Untuk yang hobinya snorkeling, melihat-lihat terumbu karang, dan menjumpai ikan bawah laut wajib melipir ke sini.

Pesona bawah lautnya memang patut diacungi jempol. Pulau seluas dua hektar ini memiliki beragam biota laut yang unik. Pengunjung bisa datang mulai dari jam buka pada pukul tujuh pagi sampai pukul lima sore. Tidak dipungut biaya untuk tiket masuk!

2. Mangrove Tracker

ilustrasi gambar berasal dari ig/@pantainesia_

Pencari spot foto unik yang instragramable boleh memasukkan tempat ini pada list destinasi. Dengan sentuhan seni dan tradisional yang masih melekat, tempat ini bisa mengajak wisatawan beredukasi. Jika sedang beruntung, spesies yang tinggal di sana akan ikut menyapa.

Pos dan jalur untuk berjalan masih menggunakan kayu. Lokasinya di pulau Kemujan dan dikenai biaya untuk tiket masuk sebesar Rp5000. Tempat ini dapat menyambut wajah ceria traveler selama 24 jam! 

3. Tanjung Gelam

ilustrasi gambar berasal dari ig/@wisatasemarang

Kawasan ini merupakan bagian dari pulau utama di Karimunjawa. Menyediakan transportasi darat dengan waktu tempuh satu jam dan jalur laut setengah jam, panorama akan siap menyambut traveler dengan hamparan laut eksotis dengan gradasiya yang memancar. Pasir putihnya masih terkesan lembut dan alami. Tempat ini juga terkenal dengan sunsetnya yang memukau.

4. Pulau Penangkaran Hiu

ilustrasi gambar berasal dari ig/@indonesia_travelmate

Pulau Menjangan Besar namanya. Pulau ini terletak di sebelah barat pulau utama dengan luas sekitar 56 hektar. Hiu yang dilestarikan di sini adalah hiu karang, yaitu hiu yang sudah jinak dan tidak ganas jika disapa dengan baik. Selain itu, ada juga penangkaran elang dada putih yang langka.

Wisatawan bisa melipir ke Pulau Menjangan Kecil untuk bersantai di penginapan. Untuk tiket masuknya hanya Rp10.000 dengan biaya sewa kapal Rp50.000-100.000, tergantung ukuran kapal yang ingin disewa. 

5. Alun-Alun Karimunjawa

ilustrasi gambar berasal dari ig/@latifkarimunjawa

Wisata paling kece di Karimunjawa terakhir, setelah menyatu dengan alam, wisatawan bisa melipir sebentar ke alun-alun dengan nuansa ramai dan santai ini. Wisatawan bisa duduk-duduk leseha, kemudian makan bersama jika mengajak keluarga atau sahabat. Pengunjung juga bisa berbelanja pakaian, souvenir, tas, sampai makanan yang ringan.

Untuk merasakan cerita dan pengalaman yang menyenangkan, wisatawan juga harus mencoba hal-hal baru. Menghargai dan mencintai destinasi wisata yang lokal, sekarang juga sudah mengenal. Itulah deretan wisata paling kece di Karimunjawa. 

Tertarik untuk berkunjung?
Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "5 Destinasi Wisata Paling Kece di Karimunjawa"