Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surga Dunia, Destinasi Wisata di Belitung Wajib Dicoba

ilustrasi gambar berasal dari ig/@letsgobelitung

Belitung, sudut dunia yang menyimpan beragam panorama yang luar biasa. Pulau di lepas pantai timur Sumatera ini diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini juga terkenal dengan lada putih dan bahasa setempat yang disebut Sahang.

Dulunya dikenal sebagai Billiton dan kini menjadi rasa penasaran para wisatawan. Melipir dahulu dari satu titik destinasi wisata di Belitung berikut ini. 

1. Museum Kata

ilustrasi gambar berasal dari ig/@thecrystyle

Laskar pelangi, sebuah karya yang sudah tidak asing ketika sampai di telinga. Didirikan oleh penulisnya sendiri yang hebat, Andrea Hirata. Museum yang terletak di Lenggang, Gantung ini menyuguhkan koleksi dari penulis.

Membuat pengunjung semakin menghargai dan mencintai karya sastra baik dari dalam maupun luar negeri. Karya juga dipajang dalam bentuk foto. Untuk tiket masuk? Tidak perlu khawatir karena tidak dipungut biaya. Apresiasi dan semangat literasi bisa diamati sepuas pandangan mata!

2. Tirta Marundang

ilustrasi gambar berasal dari ig/@teranalog.id

Air yang jernih, ikan-ikan mengekori, keasrian yang mewarnai pemandian ini memang patut diapresiasi. Pemandian yang berada di Desa Air Seru, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini akan membuat pengunjung tidak ingin cepat hengkang. Meskipun sinar matahari sedang terik-teriknya, udara yang terhirup tetap segar dan sejuk.

3. Bukit Berahu

ilustrasi gambar berasal dari ig/@beautifulbelitung

Menjauh dari ramai dan padatnya kota, kemudian melipir ke Berahu untuk melepaskan pilu. Tenang dan damai, inilah tempat yang cocok jika penilik destinasi mencari suasana tersebut. Dengan pohon kelapa yang berjejer, keluarga, bahkan sahabat bisa berpiknik dan menikmati visual Pantai Bukit Berahu yang tersembunyi. 

4. Pulau Lengkuas

ilustrasi gambar berasal dari ig/@rizkifauzi861

Pulau yang letaknya di sebelah utara pantai Tanjung Kelayang, kecamatan Sijuk ini memiliki sebuah daya tarik utama, yaitu sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1882. Sampai saat ini, mercusuar tersebut masih menjadi penuntun kapal yang keluar-masuk pulau Belitung. Guliran ombak yang menghantam jejeran batu membuat pulau ini semakin memikat. 

5. Danau Kaolin

ilustrasi gambar berasal dari ig/@canro.simarmata

Belitung dikenal sebagai pusat penambangan timah. Namun, juga penghasil kaolin yang kaya. Danau ini merupakan hasil dari penggalian besar-besaran. Kubangan itu kemudian menjadi daya minat wisatawan. Airnya yang bewarna biru mudan dan dataran putih yang mengelilingi kawasan tersebut menjadi sisi unik tempat yang terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan ini.

Mari memenuhi lagi list destinasi yang ingin wisatawan kunjungi. Ekspolarasi tidak boleh terhalangi dan jangan lupakan pulau yang mendapatkan julukan taman wisata dunia ini! Dengan mengetahui beberapa tempat destinasi wisata di Belitung semoga menjadi referensi saat ingin berlibur. 

Tertarik untuk berkunjung?
Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "Surga Dunia, Destinasi Wisata di Belitung Wajib Dicoba"