Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surga Tersembunyi Pantai Pura Uluwatu Bali

Foto : Instagram/hiptriptips

Tidak heran jika Uluwatu menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke Bali.  Kawasan ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Bandung. Pura yang dijuluki Pura Luwur ini berada di sebuah tebing tinggi yang menjorok ke Samudera Indonesia. Mari melihat pantai pura uluwatu Bali yang sangat mengagumkan!

1.    Membuka Cerita

Foto : Instagram/endroframbudi

Akan lebih seru jika wisatawan juga mengetahui kisah yang pernah ada pada Pura Uluwatu. Karena culture-nya yang masih melekat, ada dua pendapat mengenai pendirian pura. Pendiri pura adalah Empu Kuturan di abad ke sembilan pada masa pemerintahan Marakarta.

Itu baru pendapat yang pertama. Pendapat yang lain bahwa pura ini berkaitan dengan pendeta Hyang Nirartha yang berasal dari kerajaan Daha di Kediri. Pada 1546 M,  beliau menapakkan kaki di Bali, kemudian mendirikan pura dan berkeliling. Setelah itu, Dang Hyang Nirarta 'moksa', meninggalkan marcapada (dunia), dan menuju surga. 

2.    Indahnya Pura

Foto : Instagram/ronaldcarlosm

Ketinggiannya yang mencapai 70 m di atas permukaan laut membuat wisatawan harus mendaki dahulu pada tangga batu yang lumayan panjang. Pura ini juga menghadap ke timur, tidak seperti pura lain yang biasanya menghadap ke selatan.

Ada sebuah pintu masuk yang berbentuk gapura bentar yang terbuat dari batu, kemudian sepasang arca dengan bentuk manusia berkepala gajah. Dinding-dindingnya juga dihiasi ukiran-ukiran yang menambahkan citra adat pada tempat bernuansa religi tersebut. Pura ini sempat mengalami pemugaran di tahun 1999 karena tersambar petir.

3.    Kera dengan Jumlah Ratusan

Foto : Instagram/ka_kanda_

Kera-kera biasanya berkeliaran di sepanjang jalan di tepi luar pura. Kera-kera tersebut bisa jinak jika pengunjung yang disapa bertutur kata dan berperilaku sopan. Namun, siap-siap. Mereka akan mengambil kacamata, topi, sampai makanan pengunjung jika diusik secara berlebihan, apalagi jumlahnya yang bikin terkagum!

Ketika mengunjungi pantai pura uluwatu Bali, hendaknya kita menjaga perilaku dan menghormati budaya yang ada. Setiap tempat pasti memiliki kisah dan keunikannya masing-masing. List rekomendasi memang tidak berbohong. Pura ini memang patut untuk dikunjungi!

Tertarik untuk berkunjung?
Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "Surga Tersembunyi Pantai Pura Uluwatu Bali"