Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Talaga Bodas Pemandangan Alam yang Eksotis

Foto : Instagram/adrian_halis

Sudah tahu Talaga Bodas? Dalam bahasa Sunda artinya telaga putih. Tidak mengada-ngada! Air dari talaga ini memang sangatlah jernih. Atmosfernya juga tidak biasa dan hawanya kelewat sejuk. Di mana lagi kalau bukan di Garut? Wisata Talaga Bodas!

1. Pemandangan yang Kelewat Memukau Talaga Bodas

Foto : Instagram/felix_inst

Kalau datang pas sore, talaga biasanya sudah sepi. Berada di ketinggian 1.725 m di atas permukaan laut, membuat suhu di kawasan ini semakin dingin. Talaga ini berada di antara Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, letaknya bersebelahan dengan Gunung Gelunggung yang jaraknya hanya 5 km.

Speechless, itulah yang pasti dirasakan traveler ketika melihat talaga yang membentang. Kelewat indah! Cuacanya juga mendung dan langit-langitnya berkabut. Suasananya mirip-mirip kawah Ciwidey di Bandung. Namun, ini lebih besar.

Airnya tidak panas sama sekali, malah cenderung dingin. Warna airnya hijau keputihan. Berdiri juga, sebuah menara panjang yang jangan dilewatkan. Wisatawan bisa berfoto dan melihat kawasan dengan lebih leluasa. Mau duduk selonjoran dan santai sejenak bisa ke salah satu saung yang berdiri di sana.

Talaga ini juga memiliki permandian air panas yang gratis, jaraknya hanya 800 meter. Dikerumuni gunung, asap yang mengepul dari belerang, airnya yang jernih menjadikan kenangan tersendiri ketika melangkah pulang dari tempat ini.

2. Sejarah Singkat Talaga Bodas

Foto : Instagram/wiinana_

Sebelum gas ke Talaga Bodas, sudah tahu belum ada sejarah yang pernah terukir di tempat ini? Katanya, talaga bening ini bekas letusan gunung di tahun 1811. Di abad ke-19, tempat ini kembali dibuka pada zaman pemerintahan kolonial Belanda.

Dulunya ada sebuah perkampungan adat yang hidup sampai awal tahun 1900-an. Seorang keturunan Belanda yang lahir di Kediri berhasil mengabadikannya. Hingga suatu hari, terjadi musibah besar berupa kebakaran sampai perkampungan tersebut hilang tak tersisa. 

Namun, sayangnya masih banyak coretan-coretan, masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan, masih banyak juga yang tidak mau ikut merawat objek wisata yang satu ini. Hendaknya traveler juga ikut melestarikan objek wisata yang ada Indonesia. 
Siapa tahu cucu-cicit traveler suatu saat akan mampir ke tempat ini. Jangan sampai mereka kecewa karena panorama dan suasananya tidak sama lagi seperti sekarang. 

3. Harga Tiket dan Rute Perjalanan Talaga Bodas

Foto : Instagram/hutangunung

Talaga yang kali ini didatangi terletak di Jalan Kawah Talaga Bodas Kecamatan Wanaraja, Garut. Perjalanan bisa ditempuh selama satu jam dengan mobil dengan jarak 25 km dari pusat kota. Jalan menuju kawah memang termasuk keras karena banyak tanjakan dan turunan.

Tinggal 3 km, jalanannya rusak, tetapi untungnya masih bisa dilalui. Semua kendaraan dengan kondisi standar bisa ke sini. Namun, lebih baik ajak pengemudi yang berpengalaman. Untuk parkir mobil dikenai Rp10.000 untuk hari biasa dan Rp15.000 untuk weekend, sementara parkir motor dengan harga Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp10.000 untuk weekend.

Nah, tiker masuknya bersahabat banget harganya. Hanya Rp5.000 dan Rp7.000. Kalau traveler mengira ini sudah sampai, maka salah besar! Harus menempuh jarak 800 meter lagi. Disarankan mengendarai ojek yang tarifnya Rp10.000. Kawasannya memang licin saat hujan. Untuk yang tidak kuat dingin, disarankan untuk membawa jaket.

Tertarik untuk berkunjung? 
Rendi Denska
Rendi Denska Stimulate your passion!

Posting Komentar untuk "Wisata Talaga Bodas Pemandangan Alam yang Eksotis"