Aplikasi freelance Indonesia merupakan solusi untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan secara online. Freelance disini berarti kemampuan dalam mengatur waktu kerja Anda sendiri atau bisa disebut dengan paruh waktu.

Ketika ingin mengisi waktu luang di rumah dapat memanfaatkan freelance dan kerja online di rumah hanya mengandalkan koneksi internet. Penasaran aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan tersebut?

Berikut rangkumannya untuk Anda.

Daftar Aplikasi Freelance Indonesia

Pada dasarnya, sangat banyak sekali aplikasi freelance Indonesia  yang menawarkan berbagai macam jenis pekerjaan. Cukup melakukannya di rumah Anda sudah bisa berpenghasilan dan mengisi waktu luang. 

Oleh sebab itu, tidak heran lagi apabila pekerjaan ini diminati oleh banyak orang. Berikut ini rincian lengkapnya untuk Anda coba.

1. Projects.co.id

Rekomendasi aplikasi freelance Indonesia yang pertama yaitu Projects.co.id.

Dimana, layanan ini merupakan penyedia berbagai jenis pekerjaan dari segala macam bidang, seperti informasi, teknologi, media sosial, SEO, dan cabang lainnya.

Kategori project

Projects juga diketahui menyediakan transaksi jual beli produk digital seperti desain kaos, desain website, e-book, dan lisensi software.

Sedangkan ketika ditinjau dari segi kelebihannya yaitu mempunyai tampilan simple dan mudah untuk digunakan. 

Tampilan yang sederhana membuatnya mudah dipahami untuk pemula sekalipun.

Kelebihan Project berikutnya yaitu ketika diperoleh penghasilan dibawah Rp100 ribuan tidak mendapatkan potongan, sehingga fee yang didapatkan full. 

2. Fastwork

Aplikasi freelance Indonesia, menjadi situs penyedia pekerjaan yang cocok digunakan pada masa online. Didirikan secara resmi di Thailand dan baru mulai masuk Indonesia pada tahun 2018. 

Meskipun dianggap sebagai aplikasi lama, namun terhitung sangat banyak sekali para pebisnis yang mencari pekerjaan melalui Fastwork.

Jika ditinjau dari segi sistemnya, mampu membantu para freelancer dalam mengumpulkan pembayaran, mempromosikan layanan, bertukar file dan berkomunikasi dengan klien.

Sedangkan terkait fitur, dianggap mudah digunakan dan sangat membantu manusia dalam memperoleh penghasilan. Keuntungan utama dari aplikasi ini yaitu bertemu pesaing di dunia kerja, serta pendapatan yang ditawarkan terbilang besar.

Namun, perlu diketahui adanya beberapa kesalahan freelancer ketika menggunakan aplikasi ini. Salah satunya yaitu melakukan plagiarism atau menjiplak.

Adanya hal ini membuat kepercayaan klien menjadi menurun dan tidak mempunyai ketertarikan lebih untuk menggunakan jasanya. Kesalahan berikutnya adalah sering tidak on time dalam mengerjakan tugas. 

3. Sribu & Sribulancer

Aplikasi freelance Indonesia berikutnya yaitu Sribu, aplikasi ini merupakan anak perusahaan dari Sribulancer dengan fokus pekerjaannya pada desain grafis. Terlebih lagi, jenis desain yang ditawarkan juga cukup beragam, diantaranya yaitu situs, aplikasi mobile, dan interior. 

Apabila Anda memiliki skill dalam membuat rancangan grafis maka sangat cocok untuk bergabung dengan pekerjaan ini. Syarat utama diterimanya menjadi seorang freelancer disini yaitu mencakup portofolio Anda.

Sehingga pelaku usaha dapat melihat track record pekerjaan Anda serta mempertimbangkan bagaimana kelanjutannya. 

4. Freelancer Indonesia

Masih berbicara dalam bidang IT, situs ini dianggap paling besar di Indonesia. Aplikasi freelance Indonesia satu ini merupakan versi Indonesia dari situs freelancer asal Australia. 

Selain bergerak di bidang IT, aplikasi ini juga menyediakan jasa di bidang marketing, penerjemah, hingga jurnalistik. Akan tetapi, meskipun termasuk ke dalam golongan pemula, namun detail setiap pekerjaan selalu disediakan untuk memudahkan  Anda.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari aplikasi ini yaitu, menjadi situs freelance terbesar dengan pilihan pekerjaan paling banyak. Selain itu, situs ini juga menyediakan free trial hingga 8 kali pengajuan proposal sebelum membayar menjadi pengguna.

5. Guru

Aplikasi freelance Indonesia berikutnya yaitu bernama Guru. Situs ini menjadi sangat popular dengan lebih dari 3 juta pengguna. Hal ini didukung dengan testimoni serta rating aplikasi yang sudah terbilang aman dan terpercaya. 

Dimana, setiap calon freelancer akan dilakukan interview untuk memastikan klien menemukan pekerja yang bertanggungjawab. Sehingga, Anda dapat memberikan informasi lengkap terkait diri agar terlihat profesional oleh klien ketika sesi wawancara.

Terlebih lagi, dari segi metode pembayaran juga mempunyai varian yang beragam. Serta nantinya juga terdapat pencocokan profil yang dapat meminimalisir bentrok dengan klien.

Baca juga: Upload Foto dapat Uang? Ini 10 Aplikasi & Tips Jitunya


Daftar Aplikasi Freelance Global

Selain dari aplikasi freelance Indonesia diatas, situs mencari kerja ini juga dapat diperoleh secara global. Berikut daftar situs untuk menjadi freelance terbaik secara global terbaik untuk Anda.

1. Fiverr

Situs fiverr ini akan bermanfaat bagi Anda yang baru terjun dan memulai pekerjaan secara online. Pasalnya situs ini menyediakan pelatihan gratis untuk membantu Anda dalam mengembangkan keterampilan.

Selain itu, situs ini juga mengajarkan bagaimana cara untuk mendapatkan klien dengan mudah dan tepat. Jasa Anda juga akan dibayar cukup tinggi yang disesuaikan berdasarkan tiga kategori yaitu basic, standard, dan premium. 

Meskipun cukup tinggi, pendapatan Anda akan otomatis terpotong sebesar 4,4 persen. Karena bukan termasuk aplikasi freelance Indonesia, maka mata uang yang diperoleh yaitu berupa dollar. 

2. Upwork 

Aplikasi freelance global upwork ini juga termasuk kedalam situs freelance berbasis cloud dengan jumlah pengguna yang cukup besar. Dalam situs ini, Anda dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan diri masing-masing. 

Salah satu fitur unggulan yang diberikan dalam aplikasi ini yaitu berupa fitur penilaian klien. Nantinya, Anda akan sangat terbantu dalam memilih klien tepat sesuai kemampuan dan keinginan. 

Oleh sebab itu, cara ini dapat meminimalisir adanya penipuan yang kini marak terjadi di sosial media. Mengingat apabila pekerjaan ini dilakukan secara online dan cukup mengandalkan koneksi internet untuk bisa menggunakannya. 

Selain itu, juga terdapat fitur chat dan voice call guna memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan klien dan meminimalisir terjadinya miss komunikasi.

3. Freelancer

Selain tersedia aplikasi freelance khusus Indonesia, situs ini juga tersedia secara global bahkan terbesar di dunia dengan anggota berasal dari berbagai Negara.

Pekerjaan yang ditawarkan yaitu pengembangan perangkat lunak, penulisan, entri data, desain , penjualan dan pemasaran hingga akuntansi serta layanan jasa hukum.

Dari segi keuntungan yang ditawarkan yaitu dapat dikerjakan dimana saja, pembayaran bisa dicairkan ke rekening dalam negeri maupun luar negeri. Di samping itu, setiap jobdesk yang diberikan telah disesuaikan dengan keahlian masing-masing.

Lebih serunya lagi apabila aplikasi ini dapat dikatakan mempunyai tampilan situs sangat sederhana dan mudah digunakan.

Namun sedikit kekurangan dari aplikasi global ini yaitu, adanya jenjang sertifikasi berbayar, terdapat pasang harga untuk sebuah proyek atau job. Oleh sebab itu, bagi Anda yang masih belum terverifikasi hanya dapat mengambil 5 hingga 8 job saja. 

Kesimpulan

Aplikasi freelance Indonesia maupun global sangat berguna untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan online dan dapat dikerjakan dimana saja. Banyak sekali bidang pekerjaan yang ditawarkan di aplikasi tersebut, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan keahlian diri. 

Dari penjelasan di atas, apakah Anda mulai tertarik mencoba daftar sebagai pekerja melalui aplikasi freelance? 

Tentu saja banyak tawaran menarik pada setiap aplikasi yang berbeda. Anda bisa memilih dan mempertimbangkan aplikasi mana yang cocok untuk dilakukan.

Share.

Leave A Reply