Aplikasi live streaming saat ini banyak digemari oleh masyarakat umum untuk digunakan sebagai metode siaran langsung.

Pasalnya, sangat banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan ketika melakukan live seperti mempromosikan dagangan atau kerja online di rumah yang lainnya.  

Dengan begitu pelanggan dapat mengetahui detail dari barang yang ditawarkan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya penipuan.

Untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai live streaming, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Platform Atau Aplikasi Streaming?

Aplikasi live streaming yaitu media untuk melakukan siaran langsung dalam wujud video namun tidak melalui proses editing terlebih dahulu. Meskipun siaran langsung ini dapat didasarkan oleh script yang telah dibuat sebelumnya namun alur dari live streaming dapat dikatakan on the spot atau dadakan. 

Pada dasarnya streaming dan live streaming memiliki perbedaan, dimana streaming merupakan kegiatan menonton siaran yang bisa ditonton beberapa kali. Sedangkan live streaming benar-benar dilakukan secara live yaitu diwaktu yang bersamaan. 

List Teratas Platform & Aplikasi Live Streaming

Setelah mengulas lebih jauh terkait platform streaming, selanjutnya akan ditunjukkan beberapa list teratas yang dapat diunduh. Tentunya sangat banyak sekali aplikasi yang tersedia saat ini untuk melakukan streaming. 

Berikut merupakan aplikasi live streaming yang paling diminati dan dapat ditemukan dengan mudah di aplikasi Play Store maupun App Store. 

1. Youtube Live

Seperti judulnya Youtube live, maka aktivitas siaran langsung yang dilakukan menggunakan media Youtube. Untuk dapat melakukannya, maka Anda harus memiliki channel YouTube terlebih dahulu. 

Banyaknya orang yang beralih ke Youtube saat ini pastinya akan sangat menguntungkan ketika melakukan live disana. Apalagi jika penonton berada dalam jumlah cukup banyak, karena YouTube memiliki keunggulan:

Pros:

  • Akan lebih mudah untuk mendatangkan sponsor maupun Youtube AdSense.
  • Tidak adanya batasan waktu.
  • Terlebih lagi setiap kali melakukan siaran langsung, nantinya akan secara otomatis tersimpan dalam channel pribadi. 

Namun, sedikit kekurangan dari aplikasi ini yaitu:

Cons:

  • Algoritma pengaturan kualitas gambar disesuaikan dengan kualitas internet dari penonton. Sehingga ketika koneksi internet sedang buruk maka kualitas dari video juga akan ikut menurun. 

Kompitibel Device:

Sedangkan perihal perangkat, Anda dapat melakukannya menggunakan berbagai jenis alat, mulai dari laptop, ponsel dan lain sebagainya. 


2. Twitch

Aplikasi live streaming selanjutnya yaitu bernama Twitch yang sudah sangat amat terkenal di dunia gamers. Cara kerja dari aplikasi ini hampir sama dengan Youtube juga, namun keunggulannya:

Pros:

  • Penonton dapat melihat streamer bermain melalui tampilan layar kecil yang ada di pinggir saluran.
  • Ada pula fitur berupa room chat yang dapat memungkinkan streamer dan audiens dapat berdiskusi untuk saling memberikan tips.

Akan tetapi, sedikit kekurangan dari aplikasi ini yaitu:

Cons:

  • kebanyakan pemain berasal dari berbagai negara sehingga interaksi bersifat global. (skill bahasa Inggris sangat penting).

Kompitibel Device: PC, Android, iOS


3. Facebook Live

Source: www.theverge.com

Facebook juga salah satu sosial media yang banyak digunakan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Salah satu tools yang disediakan facebook yaitu facebook live, dimana fitur ini telah diluncurkan sejak tahun 2016 dan telah menerima sambutan luar biasa. Keunggulan utama dari aplikasi ini yaitu

Pros:

  • Dapat menghubungkan antara brand dengan audiens.
  • Selain itu juga tidak membutuhkan biaya besar karena hal ini akan disesuaikan dengan konsep siaran langsung Anda. 

Akan tetapi, sedikit kekurangan dari aplikasi ini yaitu

Cons:

cenderung sulit untuk mendapatkan audiens dalam jumlah banyak ketika brand belum dikenal banyak orang.

Kompitibel Device:

Namun untuk penggunaan aplikasi ini dapat dilakukan melalui berbagai macam perangkat, mulai dari ponsel, komputer dan lain sebagainya. 


4. TikTok Live

Source: blog.hootsuite.com

Tiktok live merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh tiktok. Aplikasi live streaming ini dapat digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan followers secara real time. 

Pros:

  • Fitur ini juga bermanfaat untuk konten kreator menaikkan engagement.
  • Selain itu juga dapat menghasilkan royalti yang berasal dari perolehan gift dari pengikut
  • Terlebih lagi pendapatan juga dapat diperoleh melalui endorsement suatu brand.

Cons:

  • Penggunaan TikTok yaitu hanya diperuntukkan untuk kalangan usia 18 tahun keatas saja.

Kompitibel Device: Sedangkan terkait perangkat yang dapat digunakan yaitu umumnya berupa ponsel pintar. 


5. Vimeo

Aplikasi live streaming kelima yaitu bernama Vimeo yang dibuat pada November 2004 silam. Vimeo umumnya digunakan untuk mengunggah, berbagi, dan menonton video. 

Pros:

  • Namun, dari vimeo ini memiliki fans fanatik, dimana kebanyakan didalamnya mempunyai kemampuan dalam membuat film indie.
  • Di aplikasi ini juga dapat menghasilkan uang yang sangat tinggi pada masanya. 

Cons:

  • Pada aplikasi ini juga pernah memiliki kontroversi, karena konten video yang ada tidak semua dapat diterima pada beberapa negara. 

Kompitibel Device: PC, Android, iOS


6. Streamlabs

Streamlabs atau dapat dikenal pula dengan singkatan OBS merupakan salah satu aplikasi untuk memudahkan konten kreator menghasilkan suatu karya.

Aplikasi ini memberikan banyak sekali penawaran, yaitu

Pros:

  • Misalnya saja berupa integrasi dari sumber daya media apapun.
  • Dapat memilih layout pengguna yang disukai
  • Menyediakan theme dan scene menarik
  • Tersedia perpustakaan widget dan alert
  • Serta siaran langsung di multi platform.

Cons:

  • Aplikasi live streaming satu ini juga dikabarkan pernah menuai kontroversi, salah satunya yaitu terkait dengan mencuri hak cipta brand lain. 

Kompitibel Device: PC, Android, iOS


7. Dailymotion

Aplikasi live streaming dailymotion merupakan salah satu aplikasi yang juga dimanfaatkan untuk berbagi konten video secara online. Terlebih lagi, dapat pula dilakukan sebagai media penghasil uang tambahan. 

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu

Pros:

  • Lebih permisif pada kesalahan
  • Terdapat beberapa metode payout
  • Menggunakan iklan untuk adsense dan masih banyak lagi.

Cons:

  • Sedangkan dari segi kekurangan yaitu cenderung minim fitur dan lebih susah untuk mendapatkan penonton dalam jumlah banyak.

Kompitibel Device: PC, Android, iOS


8. Nimo TV

Source: www.gameaxis.com

Aplikasi satu ini digunakan untuk live dengan tema game, sehingga dianggap lebih mewadahi para gamers untuk mendapatkan uang.

Di samping itu tersedia pula konten berbahasa inggris dan banyak sekali game yang familiar dengan gamer Indonesia. 

9. Livestream 

Livestream secara umum diartikan sebagai bentuk kegiatan melakukan siaran langsung. Dalam hal ini konten kreator dapat berinteraksi dengan pengikutnya secara real time. 

Pros:

  • Hal ini sangat bermanfaat untuk menaikkan engagement sekaligus menambah pendapatan.

Cons:

  • Sedangkan dari sisi kekurangannya yaitu masih minim pengguna sehingga cenderung sulit untuk mendapatkan audiens dalam jumlah banyak.

10. Bigo Live

Aplikasi live streaming satu ini memang sudah dikenal besar apabila berbasis di singapura. Para pengguna dapat melakukan obrolan seperti menggunakan panggilan video.

Namun, aplikasi ini sempat disalahgunakan, dimana juga ada tindak pelanggaran hak cipta pada saat melakukan siaran langsung. 

Siapa yang Menggunakan Platform Live Streaming?

Pada dasarnya orang yang menggunakan platform live streaming dapat digunakan oleh semua kalangan, mulai dari:

  • konten kreator
  • artis
  • hingga gamers.

Namun, kebanyakan terdapat batasan usia dari pengguna aplikasi yaitu berkisar diatas 18 tahun.  Hal tersebut digunakan untuk menghindari adanya penyalahgunaan aplikasi serta penyerapan informasi yang tidak wajar. 

Itulah ulasan singkat terkait rekomendasi aplikasi live streaming yang dapat Anda gunakan. Memanfaatkan setiap fitur yang ada tentu juga dapat menjadi salah satu media untuk memperlancar bisnis atau meningkatkan engagement.  

Share.

Leave A Reply