Blok Terminal Listrik pada dunia otomasi industri, upaya terus dilakukan untuk mengontrol proses secara terkontrol atau otomatis.

Akibatnya, produksi massal didorong oleh peningkatan kualitas produk dan waktu yang lebih singkat. Sangat penting bahwa peralatan elektronik yang benar disimpan di kabinet kontrol.

Blok terminal (Terminal Block) adalah bagian penting dari proses. Terminal block membantu menerapkan distribusi sinyal dan energi yang aman, dan penting untuk mengetahui lebih banyak tentang cara kerjanya dan kapan menggunakannya.

Teruslah membaca untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang terminal block kawat.

Apa itu Blok Terminal Listrik?

Sumber gambar: wago.com

Blok terminal adalah blok berinsulasi modular yang menyatukan dua atau lebih kabel. Pabrikan menggunakan terminal block untuk mengamankan dan/atau mengakhiri kabel.

Dalam bentuk dasarnya, block terminal terdiri dari beberapa terminal individu yang disusun dalam jalur panjang. Terminal block paling nyaman untuk menghubungkan kabel ke ground. Ratusan juta terminal block digunakan saat ini dan lebih banyak lagi yang dipasang setiap hari.

Kelebihan Blok Terminal

Sumber gambar: wago.com

Kelebihan terbesar dari terminal block adalah biaya. Blok Terminal lebih murah dibandingkan dengan jenis konektor lainnya.

Instalasi mudah

Terminal block kemudian dapat dipasang menggunakan obeng. Terminal block juga menyediakan koneksi / pemutusan cepat, yang membantu pemeliharaan dan pemecahan masalah. Terminal listrik digunakan untuk menghubungkan sakelar dan soket listrik ke sumber listrik.

Dengan membeli terminal block multi-level, Anda dapat mengurangi area panel hingga 50%. Ini karena blok berlapis berisi beberapa level skema dengan satu blok.

Peningkatan Keamanan

Blok terminal meningkatkan keamanan dengan membumikan, mengisolasi, dan melindungi komponen lain di sirkuit listrik. Blok terminal dilengkapi dengan sambungan yang aman untuk mencegah sengatan listrik. Selain itu, terminal block dapat berfungsi sebagai titik uji yang meningkatkan keamanan sirkuit.

Terbuat dari Paduan Tembaga

Sebagian besar terminal block terdiri dari paduan tembaga dengan koefisien ekspansi yang sama dengan kawat yang dimaksudkan. Menggunakan rasio ekspansi yang sama membantu mencegah redaman karena rasio ekspansi yang berbeda.

Ini juga mengurangi korosi yang disebabkan oleh aksi elektrolitik antara dua logam yang berbeda.

Kurangi Ruang

Blok terminal juga dapat menghemat waktu karena proses penyambungan kabel tidak serumit yang lain. Di sebagian besar toko yang dilengkapi dengan baik, Anda dapat dengan mudah menghubungkan kabel menggunakan terminal block hanya dengan melepasnya.

Kekurangan Terminal Block

Sumber gambar: wago.com

Kekurangan terbesar dari terminal block adalah kabel dapat diputus darinya jika terjadi getaran atau kejutan. Bahkan koneksi yang terlindungi dengan baik pun rentan pecah.

Selalu uji koneksi sebelum menerapkannya. Pastikan bisa tahan dengan kondisi.

Blok terminal juga terkadang terlalu besar untuk area yang dibutuhkan. Terminal block sering menjadi pilihan terbaik di mana kabel internal dan kabel yang tidak penting digunakan.

Dimana Mendapatkan Block Terminal Listrik?

Block terminal Listrik ini sebenarnya bukan komponen listrik yang sulit untuk ditemukan. Terdapat banyak distributor wago dan alat listrik yang menyediakan komponen listrik yang satu ini. Helixelektrindo sendiri juga menyediakan berbagai merek block terminal listrik berkualitas dengan harga terbaik. Anda dapat langsung menghubungi kami di nomor tersedia untuk melalukan pembelian.

Sekian sedikit ulasan dari kami mengenai apa itu blok terminal listrik. Semoga ulasan singkat ini dapat membantu memahami lebih baik mengenai komponen kelistrikan yang satu ini.

Jika anda ingin mendapatkan update artikel teknologi menarik dan informatif lainnya seputar bidang kelistrikan, jangan lupa untuk juga untuk mengikuti blog ini. Terima kasih telah mampir.

Share.

Leave A Reply