Dimasa sekarang ini sangat mudah untuk mencari tips cara menjadi freelance writer untuk mendapatkan penghasilan tambahan di tengah aktivitas.

Artikel ini akan membahas lengkap cara jitu untuk membantu Anda dalam mengambil langkah menjadi freelance writer yang handal.

Apa Itu Freelance Writer?

Freelance writer merupakan salah satu pekerjaan dimana Anda menyediakan jasa menulis secara independen kepada lebih dari satu klien. Untuk pendapatan yang Anda terima terhitung dari setiap tugas menulisnya dan ini merupakan bidang kerja online di rumah yang mudah dilakukan. . 

Umumnya untuk setiap produksi konten tulisan telah ditentukan oleh klien. Sehingga, pendapatan dapat ditentukan oleh Anda sendiri, tergantung dari konteks dan kualitas tulisan yang diberikan. Terlebih lagi dapat pula mengambil beberapa klien atau hanya satu klien yang menetapkan intensif gaji tinggi.    

Jenis-jenis Freelance Writer

Pekerjaan ini mudah untuk dilakukan dimanapun karena tidak terikat dengan instansi tertentu. Banyak jenis dari freelance writer yang perlu Anda ketahui, berikut penjelasannya:

1. Content Writer

Source: Ahrefs

Freelance writer jenis ini merupakan penulis professional yang memproduksi berbagai tulisan menarik untuk di publish di media online maupun sosial media. Konten yang ditulis biasanya berupa pesanan untuk mengisi website blog, caption di social media, hingga platform online. 

Seorang content writer juga dapat memenuhi tulisan untuk klien perusahaan. Penulis bertugas dalam mengelola website atau blog resmi perusahaan tersebut.  

2. Copywriter

Source: KFC

Cara menjadi freelance writer berikutnya adalah dengan menjadi copywriter.  Jasa ini juga tidak jauh beda dengan freelance writer lain. Hasil tulisannya sering diunggah pada berbagai kanal media sosial atau juga bisa di pasang di iklan.

Sedangkan terkait gaya bahasa seorang copywriter cenderung lebih mengajak audiens atau bersifat persuasif. Diharapkan dari tulisan yang dihasilkan akan memberikan rasa penasaran kepada audiens untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Ghost Writer

Untuk jenis ini lebih ke menulis secara anonim atau seseorang yang menulis untuk orang lain dan tidak diketahui asal usulnya.

Konten yang banyak dikerjakan oleh seorang ghost writer yaitu artikel, blog, dan buku, terkadang juga ada klien yang meminta jasanya dalam menulis autobiografi.


Skill yang Wajib Dikuasai Freelance Writer

Cara menjadi freelance writer ternyata tidak mudah dan harus memiliki skill atau keahlian khusus. Namun, tak usah khawatir beberapa skill tersebut dapat Anda pelajari melalui kebiasaan, diantara keahlian yang dibutuhkan yakni sebagai berikut. 

1. Mengenal Berbagai Gaya Menulis

Dalam menulis, gaya bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan konten tulisan yang diinginkan klien. Seperti dalam menulis suatu produk, maka gaya bahasa yang seharusnya dipakai yaitu persuasif atau mengajak seseorang membeli produknya.

Seorang freelance writer yang profesional pastinya mampu menyesuaikan berbagai topik yang diberikan. Sehingga hal ini perlu dipelajari seiring berjalannya waktu dari hari ke hari. 

2. Mengikuti Tren yang Relevan

Setiap  hal yang ditulis tentunya juga mengikuti tren atau sesuatu di masa kini. Hal ini dianggap dapat berpengaruh sangat cepat dalam meningkatkan traffic atau audiens. 

Sehingga setiap topik yang sedang ramai diperbincangkan pun akan menguntungkan pihak penulis. Namun, sisi pandang yang unik dan menarik juga harus tetap diperhatikan guna menunjukkan perbedaan antara satu dengan lainnya.

3. Dapat Menerapkan Teknik SEO

Teknik SEO ini sangat diperlukan untuk menaikkan kunjungan audiens. Dengan kata lain, konten yang disajikan dapat menjadi paling teratas dalam mesin pencarian.  

Hal ini sangat memudahkan para pembaca untuk menemukan tulisan Anda. Namun, konten wajib berisi keyword agar mudah dicari dan berada setidaknya pada peringkat keempat teratas dalam mesin pencarian.

Apabila semakin mudah dicari, artinya tulisan Anda akan semakin sering pula menerima kunjungan. Oleh sebab itu, cara ini akan terbukti bahwa sangat efektif untuk dilakukan.

4. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu

Salah satu cara menjadi freelance writer yang profesional adalah selalu mengerjakan pesanan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Faktor ini biasanya dapat mempengaruhi kepercayaan klien pada saat menggunakan jasa Anda. 


Cara Menjadi Freelance Writer

Pastinya sangat banyak jalan untuk menjadi seorang freelance writer, disini kami sajikan beberapa tepat dan patut untuk dicoba. 

1. Mendaftar di Situs Marketplace Pekerja

Cara pertama untuk menjadi seorang penyedia jasa menulis yaitu mendaftarkan diri Anda sebagai pekerja. Saat ini sudah banyak sekali situs-situs yang menyediakan atau membuka lowongan sebagai freelance writer

2. Membuat Portofolio Gratis

Cara menjadi freelance writer lainnya yaitu dengan memanfaatkan suatu website untuk mengumpulkan hasil tulisan Anda yang belum pernah terpublikasi. 

Pembuatan portofolio ini akan mempermudah Anda dalam mempromosikan diri. Hal ini juga bisa memberitahu klien bahwa Anda sudah sering melakukan pekerjaan ini atau dapat dikatakan portofolio sebagai trek record.

Untuk itu perlu mencantumkan link atau kontak Anda agar dapat dihubungi klien secara langsung. Dengan begitu dapat mempermudah klien dalam mengetahui potensi yang dimiliki terkait menulis. 

3. Bekerjasama dengan Lembaga Penyedia Jasa

Selain daftar pada suatu lembaga, Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu sebagai penyedia jasa untuk mempromosikan produknya. Dalam hal ini, pendapatan yang diperoleh biasanya lebih besar karena terikat dengan kontrak. 

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan yaitu bahwa tulisan Anda bisa berpengaruh terhadap penjualan perusahaan nantinya. 

4. Berkontribusi dalam Kepanitiaan Lomba

Kontribusi dalam kepanitiaan lomba akan menjadi pengalaman Anda dalam bidang ini, sehingga akan menjadi pertimbangan lebih oleh klien. Oleh sebab itu, dapat menjadi salah satu langkah untuk memudahkan Anda dalam menjadi seorang freelance writer

5. Mengikuti KMO

Ketika ingin benar-benar masuk dibidang ini, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas menulis online. Tujuan dari hal ini yaitu memperoleh relasi dan menambah wawasan terkait kegiatan menulis.

6. Menjadi Guest Writer

Salah satu cara menjadi freelance writer jenis ini bersifat tidak tetap, dimana Anda disewa menulis untuk karya orang lain. Sehingga seorang penulis dapat lebih banyak memperoleh pengalaman menarik dari pekerjaan ini. 

7. Berkolaborasi dengan Penulis Lain

Solusi untuk Anda yang ingin lebih kaku terkait gaya bahasa adalah dengan berkolaborasi. Anda bisa memperoleh pengalaman serta sharing melalui penulis lain sekaligus memulai untuk bekerja sama. 

8. Belajar SEO

Teknik SEO ini penting dalam seni menulis untuk publish. Sehingga perlu dipelajari untuk menjadi nilai tambah dalam penulisan Anda. 

9. Belajar Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing menjadi salah satu cara menjadi freelance writer di luar negeri. Sehingga Anda dapat mendaftar tidak hanya dalam negeri saja tetapi juga sehingga menjangkau negeri lain di seluruh dunia. 

10. Mempelajari Tentang Tools Kepenulisan di Website

Sebagai upaya menjadi penulis profesional, mempelajari isi website berguna untuk membantu Anda dalam mengelola website.  Hal ini mendukung bagaimana cara menjadi freelance writer yang multitasking.

11. Memahami Cara Post di Website

Bagi Anda yang memiliki website sendiri dan bekerja secara mandiri tentunya harus paham terkait bagaimana post tulisa. Hal ini mampu mempermudah Anda untuk memposting tulisan secara berkala.


Kesimpulan

Demikian ulasan singkat terkait cara menjadi freelance writer yang profesional beserta tipsnya. Adanya ulasan ini diharapkan Anda bisa menjadi freelance writer yang handal dengan berbagai informasi bermanfaat. 

Share.

Leave A Reply