Contoh teks copywriting banyak ditemukan di internet dan sangat mudah dicari. Copywriting sendiri dapat menjadi sumber penghasilan sekaligus dapat menjadi pilihan lain untuk kerja online di rumah. 

Pekerjaan ini merupakan seni teknik berjualan menggunakan kata-kata yang disusun secara sempurna untuk mengajak pembaca memahami apa yang ingin disampaikan. Ingin mengenal lebih lanjut tentang copywriting?

Berikut penjelasan lebih lengkapnya untuk Anda beserta contoh teksnya.

Belajar Copywriting untuk Pemula

Copywriting bukan hanya sekedar tentang menulis, namun juga membutuhkan skill dan pengalaman atau kebiasaan untuk membuat kalimat-kalimat yang menarik untuk pembaca. Tulisan ini biasanya ditujukan untuk mengajak, menghipnotis, dan juga memberikan informasi kepada pembaca, serta bertujuan untuk mendapatkan respon positif. 

Tentu saja banyak orang yang mengeluh tidak bisa menulis dan lain sebagainya, namun sudah tak usah khawatir jika belum pernah melakukannya. Hal ini bisa dipelajari dan ketika menjadi kebiasaan perlahan menjadi sangat mudah dilakukan.

Di samping itu, sering membaca dan mempelajari berbagai macam contoh teks copywiting juga dapat menjadi salah satu cara mudah untuk menjadikannya sebagai kebiasaan. 

30+ Contoh Teks Copywriting yang Menarik Mata

A. Contoh Teks Copywriting Menarik

Contoh teks copywriting banyak diambil dari berbagai tema dan konten. Sedangkan perihal isi dari  teks copywriting yang menarik yaitu mengandung pesan-pesan, membangun citra atau branding dan  menawarkan solusi.

Selain itu, isi dari konten juga memberikan informasi mengenai produk atau mengenalkan produk. Dengan adanya skill ini maka diharapkan dapat menaikkan omset penjualan dari bisnis yang tengah dijalankan.

Cara membuat teks copywriting yaitu pertama harus memahami terkait produk knowledge, kemudian menentukan audiens, serta membuat headline yang menarik. Selain itu, dalam menulis harus menggunakan gaya bahasa menarik, kemudian menggunakan teknik storytelling, memilih kalimat yang memiliki daya tarik, power, dan ajakan atau seruan. 

Dalam membuat Contoh teks copywriting juga melihat bagaimana kompetitor dan sering melakukan evaluasi. Tujuan utama dilakukannya kegiatan evaluasi tersebut yaitu untuk melihat jangkauan, apakah sudah efektif atau masih belum. 

Selain itu dapat diketahui contoh lainnya dari penulisan ini yakni sebagai berikut.

  1. Cara cepat dalam menggemukan sapi cukup 20 hari ini dapat dilakukan tanpa pakan tambahan dan injeksi obat kimia berbahaya. 
  2. Software terbaik ini, dapat digunakan untuk meningkatkan penghasilan dalam kurun waktu satu bulan saja!!!
  3. Saat membaca kalimat ini, apa yang Anda pikirkan? Panik? Takjub? Atau justru lebih lega?
  4. Terdapat peluang besar Anda pergi ke Tanah Suci menggunakan hadiah dari toko kecantikan ini. 
  5. Inilah kenikmatan tiada taraa! Yuhuu sudah banyak sekali nih review dari teman-teman yang ketagihan dengan gurihnya kerupuk kulit kami. 

B. Contoh Copywriting Makanan

Perlu untuk diketahui apabila contoh teks copywriting dengan konteks makanan sangat dibutuhkan, karena dapat digunakan untuk mempromosikan dan sebagai bentuk branding. Apalagi saat ini sudah dianggap sangat marak berjualan makanan maupun minuman secara online.

Namun dalam penggunaannya harus mendeskripsikan makanan maupun minuman secara detail dan menarik pastinya. Selain itu, diharapkan dari tulisan yang dibaca akan membuat pembaca penasaran dan menarik untuk membeli produk tersebut. 

Di samping itu, ada pula contoh lainnya yang dapat dicontoh, beberapa diantaranya yakni sebagai berikut. 

  1. Enggak sempat masak, tapi tetap mau makan enak ala chef ditemani keluarga dirumah? Bisa banget kini produk kami hadir dengan kemasan dan paket hot at home. 
  2. Pengen menu baru lagi dari KFC? Pastinya ada dong. Apabila dilihat dari siluetnya, produk kali ini pasti terlihat sangat membagongkan sih ya. 
  3. Menu sarapan paling pas dikala ingin memulai aktivitas.
  4. Es Teler 99 ini menjadi solusi tepat dikala kepala tengah panas dengan kehidupan.
  5. Pengen menikmati makanan enak dan murah? Langsung ke toko Pojok saja!

C. Contoh Copywriting Kopi

Saat ini banyak bisnis kopi dari cafe kekinian, namun tentunya akan lebih menarik perhatian apabila menggunakan teknik promosi menggunakan copywriting. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan branding baik secara offline pada sosial media. 

Biasanya untuk produk kopi ini banyak menyediakan promo menarik, sehingga informasi umum yang ada yaitu berupa batas waktu promosi, dan terkait promo. Berikut ini akan ditunjukkan contoh penulisan yang tepat:

  1. Akan tetapi, jauh lebih menarik ketika, mengejutkan, 21 hingga 24 Juli 2022 waktunya pilih sendiri menu all variant hanya dengan Rp10 ribuan saja kapan lagi? Yuk cuss segera ngopi.
  2. Ingin kopi nikmat tanpa rasa pahit? Langsung coba saja produk terbaru kami.
  3. Mulai bingung mencari kopi terbaik? Saatnya cobain Havana Coffe, kopi masa kini yang terbuat dari kopi pilihan. 
  4. Kopi luwak asli dengan kualitas terbaik satu ini, cocok untuk menemani aktivitas pagi Anda.

D. Contoh Copywriting Fashion

Source: id.hm.com

Produk fashion juga banyak menggunakan teknik copywriting sebagai ajang branding atau promosi. Kalimat kalimat yang digunakan pun harus disesuaikan dengan pasar yang dituju. 

Salah satu contoh kalimat menggunakan kalimat menarik yaitu seperti cuaca panas? Don’t worry guys, cool your head down with our new product. Selain itu ada pula kalimat lain untuk bisa digunakan sebagai bentuk copywriting. 

  1. Segera dapatkan kenyamanan dari produk kami, bahan dingin dan mudah menyerap keringat tentunya. 
  2. Belanja sepatu wanita dijamin 100 persen Original Handmade di Toko Sepatu Girls tanpa khawatir tertipu
  3. Sepatu Fel Footwear menjadi solusi sepatu boot kantor yang dilengkapi resleting, untuk memudahkan aktivitas Anda
  4. Saatnya tampil keren dengan jaket XX. Dibuat dari bahan berkualitas sehingga nyaaman digunakan. Dilengkapi pula 2 saku bagian depan, dan pilih warna favoritmu sekarang juga!!

E. Contoh Copywriting Produk Kecantikan

Dengan target pasar kaum hawa, produk kecantikan banyak mengajak untuk mencoba menggunakan produk yang ditawarkan dengan berbagai manfaat. Biasanya untuk produk kecantikan ini menggunakan pendekatan situasional atau menyesuaikan situasi yang ada. 

Bagi Anda yang penasaran dengan contoh lainnya, dapat diketahui pada ulasan berikut ini. 

  1. Ingin wajah Anda glowing pada saat reuni? Jangan risau sekarang hadir produk dengan manfaat mencerahkan wajah hanya dengan waktu yang singkat.
  2. Sembuhkan permasalahan kulit Anda dengan obat non paraben, X herbal beauty menjual beragam produk kecantikan. Anda tidak perlu khawatir, produk kami telah diproses menggunakan 100 persen bahan alami. 
  3. Kulit yang kusam dan berminyak tentu menjadi masalah umum bagi siapa saja. Perawatan wajah terbaik dapat dinikmati langsung di klinik kecantikan XX. 
  4. Metode perawatan wajah yang dimiliki dapat membantuk untuk mengeluarkan racun dan minyak berlebih di kulit Anda. Sehingga dapat tampil lebih segar dan bersih sempurna. 
  5. Merawat kulit menjadi hal krusial bagi semua orang. Rawat kulit cantikmu di XX dan atasi semua permasalahan Anda disini. 

F. Contoh Copywriting Produk Kesehatan

Produk kesehatan yang ditawarkan membutuhkan informasi yang jelas dan terpercaya. Oleh sebab itu perlu didukung dengan data dan statistik yang jelas.

Anda dapat memasukkan data yang relevan dari sumber yang terpercaya. Di bawah ini akan ditunjukkan beberapa contoh penggunaannya. 

  1. Anda memiliki bekas luka? Jangan khawatir kini hadir produk yang mudah menghilangkan bekas luka hanya dengan waktu singkat dan hasil maksimal.
  2. Inilah cara cepat mendapatkan kulit tubuh cerah merona dan tampak sehat.
  3. Apakah Anda sudah benar-benar mempersiapkan kehidupan layak di masa tua?
  4. Sudah mencapai 200 juta orang yang menggunakan obat herbal kami untuk  menyembuhkan berbagai penyakit mereka. 
  5. Skin care herbal Lolo mampu membuat kulit putih bersih alami hanya dalam jangka 14 hari.

G. Contoh Copywriting Iklan Facebook

Contoh teks copywriting berikutnya adalah pada iklan Facebook, dimana biasanya ditunjukkan berupa gambar digital yang ditunjang dengan tulisan untuk menyampaikan pesan. Kalimat yang disajikan pada iklan facebook ini diharuskan kreatif dan singkat, sehingga disarankan untuk selektif dalam pemilihan kata katanya.

Untuk contoh kalimat menarik untuk iklan Facebook diantaranya yakni sebagai berikut. 

  1. Promo Ramadhan berkah!! Gratis ongkir ke seluruh Indonesia setiap menggunakan pengiriman kurir. Selain itu, ada pula wujudkan website toko impianmu hanya dengan menulis menggunakan aplikasi online Anda.
  2. Rahasia membuat akun di media sosial sebagai mesin uang saat ini sudah terungkap.
  3. Pelatihan dalam membuat website telah bergaransi 100 persen hingga bisa digunakan, meskipun tidak paham koding sekalipun. 
  4. Kesempatan tidak dapat datang secara dua kali, sudah yakin apabila Anda mau menolaknya?
  5. Saatnya pelajari, bagaimana menulis iklan yang mampu menghasilkan banyak penjualan. Daftar dan langsung peroleh update terbaru secara gratis. 

H. Contoh Copywriting Soft Selling

Soft Selling merupakan strategi yang terbukti cukup efektif untuk diterapkan. Hal ini karena teknik yang digunakan berupa pendekatan secara emosional dan cenderung menarik perhatian audiens.

Teknik ini seringkali digunakan untuk menawarkan atau memperkenalkan informasi produk secara tidak langsung. Dalam artian teknik ini menggunakan narasi terlebih dahulu sebelum masuk pada inti promosi produk.  Untuk contoh-contoh penulisan soft selling yakni sebagai berikut.

  1. Karena mulai muncul penasaran, akhirnya Tina memberanikan diri memasuki toko XX yang selalu ramai tamu. Ternyata, banyak sekali rak dengan isi gamis lucu dan cantik untuk dimiliki. 
  2. Apabila Anda mulai penasaran juga, bisa divoba dulu untuk membeli tas kulit satu ini. Tertarik menjadi reseller? Bisa banget nih, hubungi nomor berikut ini 08XXX.
  3. Tahukah Anda? Telur ayam mempunyai sejuta manfaat untuk manusia loh!!
  4. Penasaran dengan keampuhan kulit glowing para selebgram? Inilah tipsnya. 

I. Contoh Copywriting Instagram

Source: instagram.com/nuteaid/

Contoh teks copywriting Instagram hampir sama dengan iklan Facebook. Pada Instagram menggunakan gambar, kemudian letak copywriting ada pada caption yang disajikan untuk mendukung penjelasan informasi gambar.

Biasanya yang digunakan yaitu pendekatan dengan storytelling. Contoh kalimat  copywriting instagram dalam hal investasi yaitu sebagai berikut.

  1. Hai uktifillah, siapa nih yang mau punya tabungan atau investasi akhirat tanpa terputus walau sudah meninggal? Banyak investasi akhirat yang dapat kita lakukan, oleh sebab itu jangan lupa niatkan karena Allah ta’ala ya. 
  2. Saatnya daftarkan diri Anda segera ke Bimbel 100 Bahasa dan jadilah yang paling unggul.
  3. Dapatkan promo wisata Umroh terbaik lengkap beserta fasilitas VVIP, khusus 10 pendaftar pertama.
  4. Dipastikan kamu mampu memberikan jasa pembuatan desain website menarik, dinamis, canggih dan mudah untuk digunakan siapa saja. 
  5. Penggunaan jasa pengurusan STNK termudah dan tercepat, akan sangat cocok untuk Anda yang tengah sibuk berkegiatan. 

Akhir Kata

Demikian pemaparan contoh teks copywriting yang telah disajikan untuk Anda dapat belajar dan memahami bagaimana membuat teks yang menarik. Hal ini menjadi harapan besar agar para pebisnis dapat lebih memaksimalkan penjualan produk menggunakan copywriting.

Share.

Leave A Reply