DIY yang bisa dijual saat ini menjadi bisnis menarik dan membuka kesempatan bagi pekerja kreatif untuk berkreasi. Hal ini juga dapat membuka peluang untuk melakukan kerja online di rumah, karena dalam proses pembuatan dapat dilakukan hanya dirumah dan dipasarkan secara online.

Penasaran apa saja kategori DIY seperti apa? Berikut berbagai contoh produk yang dapat Anda jadikan referensi.

Apa Itu DIY?

DIY merupakan singkatan dari Do It Yourself, artinya barang atau produk yang dihasilkan dikerjakan sendiri. Secara umum dalam pembuatannya tidak menggunakan alat yang rumit, karena biasanya menggunakan peralatan sederhana.

Membuat produk DIY kini menjadi tren karena hasil yang bagus dengan tindakan sederhana. Bahkan banyak dijadikan tutorial agar audiens dapat membuat sendiri.

Kegiatan ini memerlukan kreativitas dan wawasan, sehingga dapat menghasilkan produk yang berbeda dan unik. Keuntungan dari membuat DIY yang bisa dijual ini yaitu dengan modal secukupnya sudah dapat menghasilkan penghasilan tambahan.

Daftar Ide DIY yang Bisa Dijual

Banyak sekali inspirasi barang yang dapat dibuat dan bernilai jual. Tidak harus menggunakan bahan baru, bahkan saat ini marak penggunaan bahan bekas untuk kerajinan bernilai jual. Berikut beberapa barang yang dapat Anda buat.

1. Lilin Aromatherapy

Estimasi Harga: Rp 15.000 – Rp 200.000

Jenis ini umumnya terbuat dari lilin yang dicampurkan dengan aromatherapy. Cara membuatnya sangat mudah serta bentuknya dapat disesuaikan dengan keinginan.

2. Keychain

Estimasi Harga: Rp 5.000 – Rp 90.000

Salah satu souvenir kecil yang indah yaitu gantungan kunci. Benda ini banyak dicari untuk digunakan sebagai oleh-oleh. 

Banyak wisatawan mencari gantungan kunci yang unik sebagai ciri khas dari suatu daerah yang dikunjungi. Selain harganya yang murah, produk ini juga fungsional karena dapat digunakan sebagai hiasan. 

3. Leather Bookmark (Bookmark bahan kulit)

Estimasi Harga: Rp 100.000 – Rp 300.000

Source: www.makingmanzanita.com

DIY yang bisa dijual selanjutnya yaitu pembatas buku. Selain dapat menjadi pembatas, produk ini akan mempercantik tampilan buku Anda.

4. Gelang Tali

Estimasi Harga: Rp 10.000 – Rp 50.000

Source: www.impressart.com

Untuk Anda yang berada di daerah wisata akan sangat menguntungkan apabila menjual produk ini.  Selain pembuatannya yang mudah, produk juga dapat dijual dengan skala kecil maupun besar.

Penggemar dari gelang tali umumnya berasal dari semua kalangan, sehingga jangkauan pasarnya lebih luas.

5. Enamel Pin

Estimasi Harga: Rp 35.000 – Rp 250.000

Source: Amazon.com

Barang kecil imut dan cantik ini menjadi DIY yang bisa dijual untuk menghiasi pakaian maupun barang Anda. 

Bentuk dari enamel pin ini biasanya bisa custom sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. Produk ini dapat ditempelkan pada tas, baju, sepatu dan barang lainnya.

6. Handmade Lipbalm

Estimasi Harga: Rp 20.000 – Rp 60.000

Source: thecoconutmama.com

Salah satu DIY juga dapat membuat lipbalm atau pelembab bibir. Lipbalm yang dibuat sendiri dapat disusun dari komposisi bahan alami yang sehat.

7. Custom Desk Mat

Estimasi Harga: Rp 50.000 – Rp 450.000

Source: twitter.com/kevinchoc

Produk yang dicintai orang kantoran ini banyak digunakan untuk mempercantik ruang kerja. Selain itu, banyak digemari oleh pelajar desk mat juga disukai bagi mereka pecinta barang aesthetik. 

8. Macam-macam Resin Craft

Estimasi Harga: Rp 30.000 – Rp 250.000

Bahan resin ini banyak digunakan untuk membuat kerajinan. Karena mudah dibentuk, resin juga dapat diberi warna sesuai dengan yang diinginkan.

9. Boneka Rajut/Crochet

Estimasi Harga: Rp 55.000 – Rp 500.000

Source: Amazon

Kerajinan ini memiliki ciri khas yang lucu karena bentuknya unik. Tidak hanya dijadikan boneka pegangan, tetapi juga bisa untuk gantungan kunci, gantungan tas maupun hiasan. 

10. Stiker

Estimasi Harga: Rp 5.000 – Rp 100.000

Source: stickerit.co

Barang DIY yang mudah dibuat selanjutnya yaitu stiker. Anda bisa mendesain di ponsel maupun perangkat lainnya kemudian di cetak dan digunting. 

Keunggulan dari memproduksi stiker ini dapat dibuat dalam skala besar. Pembuatan stiker juga dapat bekerjasama dengan banyak pihak yang membutuhkan.  

11. DIY Sugar Scrub

Estimasi Harga: Rp 35.000 – Rp 150.000

Produk kecantikan lain yang dapat dibuat sendiri berikutnya yaitu sugar scrub. Selain keunggulannya dibuat tanpa bahan pengawet dan bahan kimia juga aman untuk digunakan.

Pembuatannya sangat mudah karena menggunakan bahan yang ada seperti gula, madu, dan minyak kelapa. Tentunya peminat dari produk ini dianggap lebih banyak karena sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. 

12. Totebag Lukis

Estimasi Harga: Rp 55.000 – Rp 100.000

Membuat kerajinan DIY tote bag lukis sangat membutuhkan kreativitas dalam menggambar. Hasil lukisan yang menarik biasanya menawarkan hal istimewa seperti melukis gambar wajah konsumen, melukis hal lain sesuai dengan custom.

13. Mainan Anak

Memanfaatkan beberapa bahan bekas seperti kain, spidol, cat dan yang lainnya dapat dihasilkan master pembuat mainan anak. 

14. Poster Aesthetic

Estimasi Harga: Rp 5.000 – Rp 35.000

Source: Amazon

Saat ini produk yang berbau aesthetic memang sangat digemari. Pecinta keindahan akan sangat memburu barang seperti itu. 

Produk ini dapat digunakan sebagai hiasan dinding. Banyak juga coffee shop yang memanfaatkan  poster untuk menambah nilai artistic dan fotogenic.

Hal itu tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk pemuda yang mencintai tempat bagus untuk hunting foto.

15. Aksesoris Elektronik

Estimasi Harga: Rp 20.000 – Rp 200.000

Di masa sekarang ini, hampir semua orang berinteraksi dengan barang elektronik. Oleh sebab itu, melengkapinya dengan aksesoris tentu membuatnya terlihat jauh lebih unik dan menarik. 

16. Bom Bath

Estimasi Harga: Rp 50.000 – Rp 350.000

Pembuatan bom bath, memang menjadi topik pembicaraan saat ini. Pasalnya, bahan yang dibutuhkan terbilang sangat murah dan mudah ditemukan. 

17. Sabun Tangan

Estimasi Harga: Rp 35.000 – Rp 150.000

Ide lain DIY yang bisa dijual yaitu berupa sabun, baik itu sabun mandi, cuci tangan maupun yang lainnya. Semakin populernya penggunaan bahan alami di lingkungan sekitar, membuat kreativitas manusia tidak dapat dikalahkan. 

18. Hadiah Tags

Estimasi Harga: Rp 3.000 – Rp 40.000

Source: www.orientaltrading.com

Salah satu kerajinan tangan dapat menjadi ornamen maupun membangun tingkat keterampilan seseorang. Salah satu ide yang tepat dalam membuat DIY ini yaitu hadiah tags.

19. Handuk Tangan

Estimasi Harga: Rp 50.000 – Rp 350.000

Seperti yang telah diketahui, apabila untuk memenuhi dekorator rumah, menyesuaikan serbet atau handuk tangan menjadi hal terpenting. Namun, penggunaannya dapat disentuh dengan sedikit keterampilan menjahit dan menekan besarnya biaya lain. 

20. Keramik

Bentuk keramik terlihat sebagai seni yang canggih dan menarik untuk dimiliki. Namun, untuk membuatnya secara mandiri di rumah dapat dilakukan menggunakan pecahan mangkuk keramik. 

21. Dekorasi Tanaman

Bagi Anda pecinta tanaman, membuat kerajinan berupa dekorasi dapat menjadi cara yang tepat untuk dilakukan. Dimana, hal ini dapat dilakukan dengan bahan baku biaya rendah namun tingkat penjualan dianggap sangat tinggi di pasaran. 

22. Bantal Throw

Menambah kecantikan rumah dengan kehadiran bantal kustom tentu menjadi daya tarik sendiri. Di samping itu, caranya pun sangat simpla, karena Anda dapat menggunakan kain bekas untuk dijahit dan dijadikan sebagai sarungnya. 

23. Tas Gendong

Pembuatan tas gendong, dapat digunakan sebagai bentuk karya DIY sekaligus menekan penggunaan kantong plastik belanja. Hal ini dapat mempermudah Anda ketika berbelanja dan dapat digunakan berulang. 

24. Hewan Mainan

Bagi pecinta binatang, cenderung senang hati apabila mengeluarkan uang untuk membeli hasil karya terkait hewan. Oleh sebab itu, memanfaatkan pasar ini dapat dilakukan dengan menciptakan handmade maupun mendaur ulang dari mainan bekas. 

25. Magnet

Keberadaan magnet ini dapat menjadi hadiah simple untuk diberikan kepada orang-orang terdekat. Untuk memasarkannya pun juga terbilang mudah, karena cukup mengambil gambar dan diposting dalam sosial media. 

26. Resin Jewelry

Di masa sekarang ini, mulai banyak pula penghasil perhiasan resin. Meskipun dilakukan dengan teknik sederhana namun, peminat produknya sudah sangat banyak sekali diluar sana. 

27. Selimut

Mempunyai keterampilan merajut merupakan poin tambah dalam mendirikan bisnis, misalnya membuat produk berupa selimut. Dengan bahan sederhana serta didukung keterampilan yang menunjang dapat menjadi salah satu ide bisnis. 

28. Coasters

Tatakan, memang menjadi pelengkap dekorasi rumah. Oleh sebab itu, dapat digunakan secara mandiri menggunakan bahan-bahan bekas seperti kain perca dan dijahit sedemikian rupa. 

29. Hiasan Dinding

Ide DIY yang bisa dijual selanjutnya yaitu berupa hiasan dinding. Dengan membagikan kreasi unik yang dapat dilakukan dengan menggunakan potongan-potongan kertas, kaca, keramik dan lain sebagainya. 

30. Notecard

Memberikan suatu hadiah, tentu tidak lengkap rasanya apabila tidak disertai dengan notecard. Oleh sebab itu, memanfaatkan produk kertas bekas dirumah dapat menjadi pilihan Anda. 

31. Milk Bath

Berbahan dasar susu bubuk, baking soda, garam mineral, minyak esensial dan bunga dapat digunakan untuk menciptakan suatu produk unggulan. Disertai dengan kemasan menarik dapat menjadi ide bisnis terbaru Anda. 

32. Kerajinan Kayu

Estimasi Harga: Rp 85.000 – Rp 1.000.000+

Source: beavercrafttools.com

Menghasilkan kerajinan kayu memang bukan persoalan yang sulit untuk dilakukan. Hal ini dapat diperoleh berbagai macam jenis kerajinan, misalnya papan pajangan, miniatur dan lain sebagainya. 

33. Ikat Kepala

Estimasi Harga: Rp 50.000 – Rp 250.000

Source: www.freepeople.com

Menggunakan ide kerajinan sebagai usaha berupa bando atau ikat kepala merupakan pilihan yang tepat. Di samping itu, banyak pula cara terbaik dan simple tanpa memerlukan mesin jahit khusus. 

34. Cat Tent

Estimasi Harga: Rp 80.000 – Rp 350.000

Source: Walmart

Pembuatan kerajinan tenda kucing dapat menjadi salah satu ide untuk membangun usaha. Pasalnya, pembuatan kerajinan cat tent cenderung tidak datang ke pikiran orang lain.

35. Alas Mouse

Estimasi Harga: Rp 45.000 – Rp 200.000

Source: wakegamingpad.com

Menciptakan alas mouse dapat menjadi pilihan Anda untuk bisa berkreasi. Menggunakan beberapa bahan yang bersifat kesat dan dipoles dengan sedikit hiasan tentu akan terlihat lebih keren sebagai ide usaha. 

36. Dread Hair Extension

Membuat karya satu ini dapat dilakukan dengan menggunakan kain, kapas, sutra, wol dan lain sebagainya. 


Tips Menjualnya Agar Menghasilkan Profit  

DIY yang bisa dijual dapat dipasarkan di berbagai jenis platform. Dengan segala kemudahan pemasaran online saat ini Anda akan mudah untuk bisa memperoleh konsumen dari berbagai daerah.

Di samping itu, dapat pula menjualnya di daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Dikarenakan banyak wisatawan memburu buah tangan dengan harga murah namun barangnya tidak mudah untuk ditemukan.

Untuk penjualan skala besar, Anda bisa membuka jasa vendor untuk berbagai acara seperti webinar, pernikahan, wisuda dan lain sebagainya.

Dari berbagai penjelasan dan inspirasi produk DIY yang bisa dijual diatas, Anda bisa mencoba untuk membuka sumber pendapatan sendiri. Dengan berbagai kemudahan saat ini, Anda bisa mencoba membuat produk DIY dan tingkatkan kreativitas Anda.

Share.

Leave A Reply