Mengetahui apa saja rekomendasi dan jenis jas hujan terbaik sangat penting,  terlebih di musim hujan seperti sekarang ini. Pelindung badan tersebut menjadi alat penting selain payung yang bisa digunakan demi menghindari tubuh tidak basah dari guyuran hujan. 

Namun terkadang karena asal memilih jas hujan, sering sekali alat tersebut tidak bisa digunakan sesuai dengan fungsinya dan dalam jangka waktu lama. Bahkan hanya dengan sekali pemakaian di bawah hujan yang deras, bahan plastik dari jas hujan tersebut langsung rusak dan robek sehingga tidak bisa melindungi tubuh dari air hujan. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu paham apa saja jenis dan merk jas hujan terbaik agar alat pelindung tubuh dari air hujan bisa digunakan sesuai dengan fungsinya dan dalam jangka waktu yang lama. 

Jenis Jenis Jas Hujan

Sumber gambar: pexels.com/Evelina-Zhu

Sesuai dengan definisinya, jas hujan adalah jenis pakaian tambahan yang penting dimiliki untuk menghindari kebahasan dari air hujan. 

Umumnya, jas hujan wajib dimiliki oleh para pengendara motor supaya bisa digunakan pada saat berkendara dalam situasi hujan ringan maupun hujan deras. Pasalnya, sulit sekali memprediksi kapan hujan akan turun.

Nah, berbagai jenis jas hujan bisa Anda dapatkan secara mudah di pasaran. Bahkan dengan harga mulai dari terendah sampai tertinggi. Namun adanya perbedaan harga tersebut sesuai dengan kualitas dan juga jenis bahannya.

Tentu saja, sama halnya seperti membeli pakaian, memilih jas hujan penting disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contohnya berdasarkan dari tingkat kenyamanan yang Anda butuhkan saat menggunakan jas hujan tersebut sewaktu berkendara.

Oleh karena itu, berikut jenis-jenis jas hujan yang bisa Anda ketahui sebelum membelinya.

Jas Hujan Plastik

Jenis jas hujan yang pertama ini terbilang jenis dengan harga paling murah di pasaran. Tentunya, harga yang dibanderol relatif terjangkau untuk semua kalangan.

Bahan dasarnya yaitu dari plastik tipis, bisa dibilang sangat mirip dengan plastik belanja. Umumnya, jas hujan plastik tersedia dalam bentuk yang lebar, jadi mudah untuk Anda gunakan.

Namun kelemahannya adalah, karena terbuat dari bahan plastik yang tipis dan sangat rentan sobek, sebaiknya sediakan has hujan ini lebih dari satu.

Jas Hujan Ponco

Terbilang hampir mirip dengan bentuk jas hujan plastik, jas hujan ponco ini tersedia dalam bentuk yang lebih lebar dan juga mudah untuk Anda gunakan.

Jas hujan ponco mempunyai satu lubang untuk bagian kepala, dan bagian samping terbuka namun memiliki kancing yang berfungsi untuk menahan cipratan dari air hujan. Namun ada juga jas hujan jenis ini dengan dua lubang kepala, yang dinamakan jas ponco tandem.

Nah, jenis ponco cocok untuk Anda yang menginginkan sebuah jas hujan dengan bahan yang lebih baik dari jas hujan plastik. Tidak hanya itu, bahkan ponco lebih mudah digunakan dengan harga yang relatif terjangkau. Terlebih, penggunaan jas hujan jenis ini bisa digunakan oleh 2 orang pada saat berkendara di motor. 

Jas Hujan Training

Yang ketiga ada jenis jas hujan terbaik dan hanya bisa dipakai oleh satu orang saja. Karena jas hujan training dilengkapi dengan bentuk 1 celana dan 1 atasan, mirip sekali dengan baju olahraga.

Kegunaannya juga cukup simpel, hanya dipakai seperti memakai pakaian biasa. Jas hujan akan mengikuti badan pemakainya. Namun sayangnya, jenis ini rentan sobek dan hanya bisa digunakan dalam sekali penggunaan.

Overcoat

Jenis yang terakhir yaitu overcoat. Umumnya penggunaan jenis ini biasa dipakai pada sektor industri seperti pertambangan dan juga pabrik.

Bahan yang dibuat dengan kualitas premium sehingga membuat overcoat menjadi jas hujan yang lebih awet, serta bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena ini memang lebih dikhususkan untuk sektor industri, harganya pun cukup mahal.

Jenis Bahan Jas Hujan

Setelah memahami beberapa jenis-jenis jas hujan, selanjutnya kami akan membahas apa saja bahan yang umum digunakan untuk pembuatan pelindung tubuh dari percikan air tersebut. Berikut beberapa bahan untuk membuat jas hujan.

Jas Hujan Bahan Plastik

Bahan yang pertama sangat cocok digunakan siapa saja karena harganya sangat terjangkau dan relatif murah (biasanya mulai dari 10 ribu rupiah). Karena dibuat dari bahan dasar plastik yang tipis, jas hujan plastik ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama karena rentan robek dan juga rusak.

Apabila Anda menginginkan jas hujan dari plastik yang lebih tahan lama, Anda bisa memilih jas hujan plastik mika.

Jas Hujan Bahan PVC

PVC atau kependekan dari Polymer of Vinyl Chloride masih mempunyai kandungan plastik, namun soal ketahanan lebih efektif dan juga lebih baik.

Bahan PVC tidak terasa terlalu berat apabila digunakan karena tidak terlalu tebal bentuknya. Tidak hanya itu, yang membuat banyak orang mencari jas hujan berbahan dasar PVC adalah karena bahannya bisa mengeras saat dikeringkan.

Jas Hujan Bahan Parasut

Dengan terbuat dari bahan parasut, jas hujan akan mempunyai bentuk yang tebal dan juga kedap. Oleh karena itu, sering sekali dalam penyimpanannya membutuhkan ruang yang cukup banyak. Namun meskipun tebal, bahan dari parasut ini cenderung lebih halus apabila Anda bandingkan dengan bahan PVC.

Jas Hujan Bahan Nylon

Bahan jas hujan berikutnya mempunyai lapisan di bagian dalam yang membuatnya terasa lebih sejuk pada saat Anda gunakan. Tentu saja, dengan iklim tropi di Indonesia ini, bagian badan dalam jadi tidak terasa lembab saat menggunakannya karena terbuat dari bahan nilon.

Jas Hujan Bahan Karet

Terakhir, jenis bahan yang digunakan untuk jas hujan ini mempunyai karakteristik yang berat dan juga tebal. 

Bahan karet berbeda dengan jenis bahan yang lainnya karena cenderung menimbulkan rasa gerah dan panas saat memakainya. Namun yang menjadi kelebihannya yaitu mempunyai daya tahan terhadap air yang sangat baik.

Baca Juga: Mengenal Jenis Kain Waterproof, Lapisan dan Cara Perawatannya

Rekomendasi Jas Hujan Terbaik 

Hm… Pasti Anda sedang bertanya-tanya, jas hujan yang bagus merk apa?

Karena sekarang Anda sudah memahami secara lengkap dari jenis-jenis jas hujan beserta bahannya, sudah pasti Anda tertarik membeli sebuah produk jas hujan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, perhatikan beberapa rekomendasi merk jas hujan yang bisa Anda pilih.

1. Jas Hujan Motor Skotlight Winpu (RWE084S)

Sumber gambar: Shopee

Rasakan kenyamanan saat mengendarai motor meskipun dalam keadaan hujan yang deras. Dengan menggunakan Jas Hujan Motor Skotlight yang diproduksi oleh Winpu ini memberikan kesan yang fashionable meskipun saat hujan melanda.

Terbuat dari bahan dasar Polyester ringan, produk jas hujan ini mudah Anda bawa kemana-mana . Selain itu, produk ini telah dilengkapi dengan pelindung mata. Jadi Anda tetap bisa beraktivitas di luar ruangan meskipun dalam keadaan hujan sekalipun.

2. Yamaha – Rain Suit

Sumber gambar: BliBli.com

Tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan aktivitas luar ruangan saat hujan tiba. Yamaha Rain Suit hadir dengan bahan Polyester berlapis PU (untuk atasan) dan Polyester berlapis PVC (untuk celana) dan merupakan jas hujan terbaik anti rembes.

Selain itu, produk jas hujan terbaik ini mempunyai tingkat resistensi tekanan air yang relatif tinggi yaitu sekitar 15.000 MM. Jadi cocok sekali digunakan untuk menahan rembesan air hujan. Sirkulasi udara di dalamnya pun cukup baik dengan bahan breathable 4.000 mg.

3. Eiger – Jacket Riding Rexon Rainsuit

Sumber gambar: Lazada

Selanjutnya, ada jas hujan berbentuk jaket yang bisa menjadi sahabat para pemotor! Eiger memproduksi jas hujan yang akan melindungi tubuh Anda dari kebahasan air hujan menjadi tetap kering. 

Yang unik dari produk ini adalah, meskipun berbahan dasar Polyester PVC, namun mempunyai dua bagian terpisah dengan warna hitam yang fashionable.

4. Givi – Rainsuit RRS01

Sumber gambar: Motovinz

Siapa yang tertarik menggunakan jas hujan berbahan dasar nilon? Yup, brand Givi mengeluarkan salah satu produk jas hujan terbaik yang membuat penggunanya tidak perlu khawatir dengan bentuk tubuh mereka. 

Pasalnya, produk yang ada di toko alat safety ini sangat ideal untuk digunakan oleh siapa saja dan bisa menyesuaikan bentuk tubuh. Dilengkapi dengan perekat velcro, produk Rainsuit ini bisa melindungi tubuh Anda dari kebasahan secara rapat. Produk ini juga termasuk jas hujan terbaik Shopee yang banyak dicari. 

Jadi, setelah mengetahui jenis-jenis, bahan, dan rekomendasi jas hujan terbaik, mana yang kira-kira akan Anda beli? Anda bisa menyelesaikannya kembali dengan kebutuhan dan harga yang Anda cari.

Baca Juga: Rekomendasi Jas Hujan yang Cocok Untuk Touring

Share.

Leave A Reply