Kerja online dari rumah merupakan kegiatan yang memanfaatkan media online menggunakan jaringan internet untuk mendapatkan penghasilan.

Saat ini mencari pekerjaan tidak hanya dilakukan secara luring atau langsung ke tempatnya. Namun, saat ini mencari pekerjaann dapat melalui aplikasi freelance saja.

Artikel kali ini akan membantu Anda, menemukan ide-ide yang tepat untuk mulai kerja online dari rumah.  

Daftar kerja Online dari Rumah Sesuai dengan Skill Kalian!

Di masa sekarang ini sudah sangat banyak sekali jenis pekerjaan yang ditawarkan berupa media online. Berikut beberapa ide kerja online dari rumah dengan gaji menjanjikan. 

1. Copy Writer

Contoh copywriting source: The Hustle Web Page

Ide kerja online yang pertama yaitu copy writer. Pekerjaan ini biasanya dilakukan dengan sistem menulis materi publisitas. 

Tentu saja banyak tema yang dapat diangkat misalnya saja berupa iklan produk, konten berita, maupun tulisan lain yang ditujukan memberi informasi.

Dalam hal ini, seorang copy writer harus bisa bekerja dengan berbagai pihak, mulai dari marketing hingga customer service. 

Estimasi Penghasilan: Rp 250.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Facebook, Projects.co.id, Sribu, Upwork, Fastwork, dll.


2. Logo & Grafik Desainer

Nah, ide yang satu ini bergerak dibidang kreatifitas atau juga termasuk kedalam bidang seni. Keuntungan bekerja menjadi profesi ini yaitu dapat bekerja via online atau dikerjakan dari rumah.

Selain itu, dapat berekspresi secara artistik, kesempatan kerja terbatas, fleksibel dalam memilih lingkungan kerja dan masih banyak lagi.

Nah…

Untuk penghasilan, sistem harga tergantung dengan designer itu sendiri. Ada yang menetapkan harga dengan hitungan jam kerja, tergantung tingkat kesulitan & jenis design itu sendiri, hingga nilai dari ‘nama’ seorang grafik desainer tersebut.

Kontes desain logo di 99design dengan hadiah $299 (Rp 4.483.804,00)
untuk pemenangnya.

Jadi, jangan heran jika ada grafik desainer terkenal yang menetapkan harga puluhan juta hanya untuk 1 desain logo.

Estimasi Penghasilan: Mulai dari Rp 35.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: 99Design, Instagram Business (sosial media lainnya), Fiverr, Projects.co.id, Freelancer.


3. Sosial media Manager

Selain dapat kerja dari rumah, seorang sosial media manager juga dapat bekerja dimanapun karena mempunyai jam kerja fleksibel. Hal ini dikarenakan tanggung jawabnya utamanya yaitu mengelola sosial media baik untuk individu maupun perusahaan. 

Tugas utama yang diemban yaitu:

  • memonitor
  • mengeksekusi
  • menyaring
  • menyunting
  • hingga branding suatu perusahaan melalui sosial media.

Selain itu, pekerjaan ini harus menghandle bagaimana sosial media dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.  

Sedangkan terkait skill yang harus dimiliki yaitu cermat dalam menganalisa, paham terhadap nilai estetika, cepat dalam eksekusi, mudah beradaptasi, dan menguasai teknik marketing. 

Estimasi Penghasilan: Rp 100.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Projects, Fastwork, Sribu, LinkedIn


4. Translator

Ide Pekerjaan online selanjutnya yaitu bekerja sebagai translator. Seperti yang telah diketahui kebanyakan orang apabila tugas utamanya translator yaitu menerjemahkan suatu tulisan dari bahasa tertentu ke bahasa lain sesuai kebutuhan. 

Oleh sebab itu, skill utamanya yaitu harus menguasai dua atau lebih bahasa asing lainnya. Selain itu, juga harus memahami bagaimana konteks dari tulisan yang akan diterjemahkan tersebut. 

Translator merupakan peluang besar untuk kerja online dari rumah, karena hasil dari terjemahan dapat dikirimkan secara online melalui media seperti email dan yang lainnya. 

Estimasi Penghasilan: Rp 35.000,00 – 300.000,00/project

Temukan Pekerjaan di: Upwork, Glassdoor


5. Freelancer Desain Web

Bekerja menjadi desainer web bertanggung jawab dalam mengelola web agar membuat laman menjadi jauh lebih menarik. Kemampuan mendesain sangat dibutuhkan dalam pekerjaan yang satu ini. 

Kemampuan dalam mempadu padankan keseimbangan kontras, layout, warna dan lain sebagainya juga dibutuhkan. Untuk bisa membuat desain yang menarik, juga harus memiliki penguasaan terhadap berbagai software penunjang dalam membuat desain. 

Estimasi Penghasilan: Rp 50.000,00 – Rp 300.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Projects, Behance, Fiverr


6. Web Developer

Beberapa hal yang harus dikuasai untuk menjadi seorang web developer yaitu javascript, PHP, ASP, Python, dan java. 

Mengembangkan ide kerja online dari rumah ini dapat dilakukan dengan menambah tools. Tujuan utamanya yaitu agar website lebih mudah digunakan oleh siapapun. Selain itu juga bertugas dalam front end developer, back end developer, dan full stack developer. 

Estimasi Penghasilan: Rp 3.000.000,00/project

Temukan Pekerjaan di: Website sendiri, Fiverr, Freelancer.


7. SEO Expert

Masih tetap berkutip kerja online dibidang web, yaitu menjadi SEO Expert.

Dalam membangun sebuah website, salah satu tujuan utama yang perlu dicapai yaitu website Anda berada di halaman 1 Google bukan?

Nah, inilah peran SEO dan para profesionalnya. Mengoptimasi website hingga mencapai tujuan tertentu. Tugasnya mulai dari:

  • Mengatasi masalah-masalah teknis website
  • Mengoptimasi on-page situs
  • Link building
  • Menganalisis kata kunci potensial untuk suatu website

Rangkaian tugas tersebut bertujuan agar memastikan web yang dikelola memperoleh rating tertinggi pada mesin pencari.

Sedangkan persoalan skill yang dibutuhkan yaitu memiliki ketertarikan dalam hal digital marketing dan memiliki kemampuan dalam hal analisis algoritma. Bahkan ketika telah dianalisis kemudian dapat memprediksi perubahan algoritma Google. 

Sebagian besar SEO Expert, selain menyediakan jasa SEO. Mereka juga menyediakan layanan lainnya sebagai penunjang proses optimasi.

Contohnya seperti:

  • Jasa backlink – Backlink hingga saat ini masih menempati urutan terdepan sebagai faktor peringkat situs di Google.
  • Konsultan SEO – Terkadang pemasar ingin menangani sendiri optimasi situs bisnisnya. Sehingga saat ini banyak SEO Expert menyediakan layanan konsultasi.

Untuk menunjang kinerja sebagai SEO, setidaknya dapat menguasai beberapa software dan juga tools SEO yang diperlukan. Hal tersebut untuk meningkatkan traffic website sehingga dapat muncul di halaman awal ketika ada pencarian.  

Estimasi Penghasilan: Website sendiri, Fiverr, Freelancer.

Temukan Pekerjaan di: Rp 3.000.000,00 – Rp 10.000.000,00/project


8. Blogger

Ide selanjutnya yaitu sebagai Blogger dengan pekerjaan utamanya dalam mengelola blog. Dimana mereka membuat tulisan secara teratur dalam setiap blognya. 

Penulis umumnya bersifat kerja online dari rumah, sehingga tidak perlu tenaga ekstra untuk ke kantor. Lantas, apakah blog bisa menghasilkan uang? Tentu saja bisa. 

Setiap uang yang dihasilkan diperoleh dari endorsement hingga Google AdSense. Selain itu cara menghasilkan uang melalui blog yaitu dengan menghadirkan audiens, menulis di blog secara teratur atau berkala, dan lain sebagainya.

Estimasi Penghasilan: Rp 1.300.000,00/bulan (Google Adsense)

Temukan Pekerjaan di: Membuat blog sendiri


9. Stock Fotografer

Sesuai dengan namanya, ide ini berhubungan dengan fotografi. Penghasilannya akan diperoleh dari setiap foto yang dijual dan berasal dari hasil download foto untuk dapat digunakan oleh orang lain. 

Untuk menjual foto yang telah dihasilkan sebelumnya, Anda dapat melakukannya menggunakan platform atau aplikasi jual foto dapat uang. Di era digital seperti ini tentu akan lebih mudah untuk menjual hasil karya Anda. 

Skill yang diperlukan dari pekerjaan ini tentunya ilmu fotografi, kreatifitas, dan keuletan dalam bidang editing untuk menunjang hasil yang lebih maksimal.

Estimasi Penghasilan: Rp100.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Shutterstock, adobe stock, dll.


10. VO (Voice Over) Talent

Selanjutnya untuk kalian dengan skill suara dan acting. Pekerjaan menyenangkan ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan output suara. 

Dimana pekerjaan ini nantinya akan cepat berupa untuk proses pembacaan naskah. Sedangkan ketika membahas terkait skill yang harus dimiliki oleh seorang voice over talent yaitu menguasai teknik pernafasan sehingga dapat menghasilkan suara yang berbeda-beda. 

Estimasi Penghasilan: Rp100.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Sosial Media, Fiverr


11. Influencer

Pekerjaan ini memang paling banyak diminati karena dirasa mudah dan cepat menghasilkan uang. Nantinya cukup dengan mempunyai banyak followers atau pengikut, akan semakin banyak keuntungan yang akan diperoleh. 

Seperti contohnya ketika akan mendapatkan endorsement dari suatu produk. Ketika menggunakan jasa influencer, Anda juga dianggap merasakan sistem marketing dari toko tersebut.  

Disamping itu, jenis dari influencer sendiri dibagi menjadi 2 yaitu makro dan mikro. Dimana untuk influencer makro memiliki lebih dari 100 ribu followers dan untuk mikro memiliki sekitar 10 ribu followers. 

Estimasi Penghasilan: Rp 500.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Cloudworkers, Upwork, Glassdoor


12. Art Commision

Source: Twitter

Pekerjaan ini bergerak di bidang seni, dimana membuka kesempatan untuk orang yang ingin memesan gambar atau jasa dari penyedia. 

Tips untuk pekerja pemula yaitu dengan menyediakan portofolio, sehingga pelanggan mengerti track record pekerjaan tersebut. Selain itu ditujukan pula agar lebih mudah dalam membuat konten yang sedang trending, memberikan promosi, pelayanan terbaik, dan memiliki testimoni. 

Estimasi Penghasilan: Rp 50.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: DeviantArt, Fiverr, Social Media, Marketplace


13. Open Commision (Game)

Tak hanya jasa menggambar, ternyata skill game dapat menghasilkan uang lho!

Caranya dengan open commision untuk bermain game, atau lebih dikenal dengan joki game. Tugasnya seperti memainkan akun customer mulai dari menjalankan misi, memenangkan permainan, dll.

Game yang saat ini ramai commision adalah Mobile Legend, Genshin Impact, dll. Jadi jika memiliki keahlian dalam bermain game, mungkin ide kali ini dapat kamu coba.

Estimasi Penghasilan: Rp 10.000/jam

Temukan Pekerjaan di: Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya.


14. Spesialis Ads: Facebook & Google Ads

Pekerjaan ini menyediakan atau menampilkan iklan pada kedua platform tersebut. Namun, meskipun keduanya hampir sama masih ada saja sedikit perbedaan diantara keduanya.

Untuk perbedaan pertama yaitu Google ads serta berbagai macam opsi yang sangat beragam. Namun apabila untuk Facebook Ads adanya keterbatasan dalam menyediakan opsi. 

Estimasi Penghasilan: Rp 37.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Projects, Facebook, Upwork.


15. Admin E-Commerce

Berdasarkan rekomendasi kerja online tentunya akan berperan sebagai penghubung antara pelanggan dengan perusahaan. Lebih tepatnya menangani keluhan, perintah, kesalahan, pertanyaan, penagihan, pembatalan dan menjawab pertanyaan dari konsumen. 

Skill yang harus dimiliki seorang admin yaitu menguasai teknologi, paham terkait sosial media, memiliki keterampilan dasar office, cepat dan tanggap. Bahkan diharuskan pula mengantongi sifat yang jujur dan teliti, memiliki inisiatif tinggi, menguasai sistem transaksi online serta memiliki kecerdasan emosional. 

Estimasi Penghasilan: Rp 100.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Cloudworkers, Upwork, Glassdoor


16. Virtual Assistant

Pekerjaan satu ini sangat berhubungan erat dengan kerja online dari rumah karena berbeda dengan asisten pada umumnya. Dimana virtual assistant ini memberikan layanan dan dukungan bisnis kepada perusahaan melalui jarak jauh. 

Tugas dari utamanya yaitu menyusun jadwal, melakukan panggilan telepon, memeriksa keakuratan data, pengumpulan data dan lain sebagainya. Sedangkan persoalan skill yang perlu dimiliki yaitu berkomunikasi, keahlian mengoperasikan office, dan kemampuan mengambil keputusan. 

Estimasi Penghasilan: $15/jam

Temukan Pekerjaan di: Projects, Fastwork


17. Tutor Online

Semakin banyak kemudahan saat ini menjadikan pekerjaan pun tersedia tanpa batas. Hal yang harus dimiliki seorang tutor online yaitu sesuai dengan bidang yang ditekuni sebagai tutor. 

Tujuan utama dilakukannya yaitu agar bisa jauh lebih efektif dalam penyampaian karena kesesuaian bidang. 

Estimasi Penghasilan: Rp 75.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Website sendiri, situs freelancer


18. Pengrajin Handmade

Selain banyak penjelasan terkait pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi, juga pula jenis usaha yang dapat dilakukan dari rumah yaitu membuat kerajinan. Lebih menguntungkannya lagi adalah dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini.

Di samping itu, banyak pula produk DIY yang bisa dijual, mulai dari kerajinan tangan tas, sepatu, baju dan lain sebagainya. 

Estimasi Penghasilan: Rp 400.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: E-Commerce & Social Media


19. Owner Toko E-Commerce

Sebagai ide kerja online dari rumah memiliki keunggulan dan kemudahan dalam menjangkau konsumen. Dimana hal ini dapat menjanjikan owner agar tidak perlu datang kepada konsumen lagi secara langsung.

Segala transaksi dapat dilakukan secara online sekaligus. Sedangkan persoalan skill yang harus dikuasai dari owner yaitu paham akan segala transaksi online, menyediakan informasi lengkap terkait produk serta mampu lebih memahami berbagai macam teknologi. 

Estimasi Penghasilan: Rp50 ribuan per jam

Temukan Pekerjaan di: Projects & Fastwork


20. Editor & Proofreading

Ide kerja online dari rumah lainnya yaitu sebagai editor dan proofreading. Pada dasarnya editor dan proofreader memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun masih dalam lingkup kerja yang sama. 

Untuk editor bertanggung jawab membaca secara keseluruhan naskah dari penulis. Kemudian editor akan mengoreksi tata bahasa, tanda baca, hingga struktur kalimat. 

Sedangkan untuk proofreader masih dalam pengawasan editor yang bertugas setelah editor memperbaiki naskahnya. Proofreader bertugas membaca kembali dan memastikan naskah siap untuk diterbitkan.

Estimasi Penghasilan: Rp 20.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Projects & Fiverr


21. Programmer

Di era perkembangan zaman saat ini mulai banyak sekali kerja online dari rumah, salah satunya yaitu sebagai jasa programmer. Dilakukannya hal tersebut yaitu untuk bisa  mengembangkan sistem pada masing-masing perusahaan.

Programmer sendiri bertugas untuk membuat sistem terbaru atau memperbaiki sistem lama dengan menggunakan bahasa pemrograman. Untuk bekerja dibidang ini tentu saja harus memahami bahasa-bahasa pemrograman dan harus bisa menerapkannya. 

Estimasi Penghasilan: Rp 30.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Cloudworkers, Upwork, Glassdoor


22. Streamer

Kerja online dari rumah dapat juga berasal dari hobi, yang banyak dikenal yaitu streamer game. Secara umum streamer merupakan seseorang yang merekam dirinya pada saat bermain game dan ditonton banyak orang. 

Pada saat siaran langsung, streamer memanfaatkan aplikasi live streaming untuk memenuhi kegiatan mereka. Hal lain yang menunjang pekerjaan ini tentunya jaringan internet yang stabil, kemampuan dan memahami game yang dimainkan

Estimasi Penghasilan: Rp 30.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Aplikasi Streaming


23. TikTok Content Creator

Tugas content creator pada umumnya yaitu melakukan riset terlebih dahulu kemudian mengumpulkan ide, memproduksi konten dan lain sebagainya. Kerja online dari rumah ini dapat didefinisikan sebagai pengemban tugas untuk mengelola media atau informasi yang disebarkan. 

Estimasi Penghasilan: Rp 227.000,00/jam

Temukan Pekerjaan di: Projects


24. Illustrator

Ide selanjutnya yaitu sebagai ilustrator yang bekerja dalam bidang seni rupa untuk menciptakan suatu gambar ilustrasi. Umumnya hasil karya profesi ini berupa gambar statis untuk ditempelkan pada komik, surat kabar dan lain sebagainya. 

Estimasi Penghasilan: Rp50 ribuan hingga Rp300 ribuan per jam

Temukan Pekerjaan di: Freepik, Fiverr, 99design.


25. Affiliate Marketing  

Ada pula kerja online dari rumah sebagai Affiliate Marketing atau dikenal sebagai pemasaran afiliasi. Tujuan utama dari pekerjaan ini yaitu sebagai proses penawaran produk menggunakan jasa afiliasi profesional. 

Estimasi Penghasilan: Rp100 ribuan per jam

Temukan Pekerjaan di: Cloudworkers, Upwork, Glassdoor


Akhir Kata

Sekian ulasan singkat terkait ide kerja online dari rumah yang sangat amat menyenangkan untuk memperoleh penghasilan tambahan saat ini. Terus berkomitmen dan konsisten menjadi modal utama agar setiap apa yang dirintis dapat membuahkan hasil. 

Terlebih lagi, di masa sekarang ini, untuk memperoleh penghasilan sudah lagi tidak melulu datang ke kantor. Pasalnya cukup diam di rumah juga bisa bekerja secara online untuk memperoleh gaji menjanjikan. 

Share.

Leave A Reply