Tugas content creator tidak hanya serta merta tampil di depan kamera seperti halnya yang masyarakat umum ketahui.  Hal ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan pada zaman dengan teknologi yang canggih saat ini. 

Kerja online di rumah dapat dilakukan bahkan untuk menyampaikan pesan terbaik kepada konsumen. Ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana cara dan tugas dari pekerjaan ini?

Simak penjelasan berikut hingga bagian akhir. 

Apa itu Content Creator

Menjadi seorang content creator memiliki banyak tanggungjawab, diantaranya yaitu membuat konten agar menjadi menarik dan menggugah rasa penasaran bagi orang yang melihatnya. 

Di samping itu banyak pula tema yang dapat diambil dalam membuat konten. Sedangkan berdasarkan sifatnya tugas content creator dapat mendidik atau hanya sekedar menjadi hiburan saja. 

Semua itu tergantung pada genre yang diambil sebagai isi kontennya. Namun, hal terpenting menjadi seorang content creator yaitu mampu menarik perhatian dan dapat memperoleh audiens secara positif.   

Oleh sebab itu, isi yang dibuat dapat berupa konten iklan, baik tulisan maupun gambar, video, suara atau gabungan dari dua atau lebih materi.

Tugas Content Creator

Pada dasarnya, menjadi seorang content creator dapat dikatakan susah-susah gampang. Hal ini tergantung pada kreativitas dan keunikan masing-masing. 

Hal ini wajib Anda ketahui apabila ingin masuk di bidang seniman agar lebih paham dan dapat mengetahui alur kerja yang akan dipilih seperti apa. 

Tugas content creator pastinya bertanggungjawab untuk setiap konten yang dibuat. Misalnya saja selalu memperhatikan isi konten dan keorisinilannya agar terhindar dari ancaman plagiarisme. 

Pasalnya, ketika sudah terkena plagiarism cenderung sulit untuk menjaga kepercayaan bahkan dapat pula hingga dituntut oleh pihak yang memiliki karya. Oleh sebab itu ketahui tugas lain yang harus dipahami oleh seorang content creator di bawah ini. 

1. Copywriting

Salah satu tugas dalam pembuatan konten yaitu membuat naskah, skrip, atau caption. Dalam hal itu diperlukan kemampuan menulis seperti copywriting dan konten writing. 

Sehingga, bisa dipelajari keahlian dan kekreatifitasan dalam hal menulis, pemilihan kata maupun rangkaian kalimat. Konten tulisan harus yang menarik dan tentunya berkualitas. 

Artikel terkait: Contoh Teks Copywriting yang Menarik Mata

2. Editing

Instagram Promotion Feed – Source: www.behance.net/justegrigala

Teknik finishing dapat dilakukan untuk memastikan agar konten sesuai dan layak untuk di publish, maka diperlukan adanya editing. Adanya kegiatan ini bertujuan untuk mempercantik konten yang Anda buat.

Misalnya dalam penulisan konten artikel, editing berfungsi untuk mengecek:

  • typo,
  • sumber,
  • data,
  • argumen dan lain sebagainya.

Untuk konten video berfungsi dalam penambahan:

  • efek,
  • sound,
  • atau penambahan hal lain yang mendukung video lebih enak ditonton.

Begitu pula untuk konten iklan dan foto, editing digunakan agar foto maupun iklan lebih menarik dan mudah untuk dipahami.

3. Mengelola Sosial Media

Source: www.researchgate.net

Tugas content creator lainnya yaitu mampu mengelola sosial media dengan baik. Biasanya kategori content creator besar yang memiliki tim akan bekerja sesuai dengan bagian mereka masing masing.

Akan tetapi, untuk mengelola sosial media pun tidak dapat dilakukan asal-asalan. Hal ini dikarenakan harus mengetahui:

  • Bagaimana cara menaikkan engagement agar menambah peminat.
  • Mengatur jadwal posting konten
  • Menarik atensi target audiens melalui ide-ide konten
  • Dll.

4. Membantu Perusahaan Terlihat Expert

Trek record suatu perusahaan akan menjadi pertimbangan klien untuk memberi kepercayaan Anda dalam membuat konten. Meskipun membangun keahlian juga diperlukan, namun agar perusahaan terlihat expert yaitu membuat konten yang berkualitas.

Ketika semakin berkualitas dan cepat dalam menaikkan engagement, maka akan semakin terlihat professional pula karya tersebut.

Tugas content creator satu ini diharapkan juga dapat mengedukasi pasar melalui konten yang disampaikan. Tentunya isi konten expert yaitu konsumen yang awalnya tidak paham terkait produk akan lebih mengenal dengan baik. 


Skill yang Wajib Dikuasai Seorang Content Creator

Profesi sebagai pembuat konten akan sangat membutuhkan banyak keahlian, karena pekerjaan ini tidak semudah seperti yang terlihat. 

Berbagai keahlian atau skill yang dimiliki tentunya sangat menunjang untuk menjadi pembuat konten handal dan profesional. Berikut skill atau keahlian yang harus Anda ketahui untuk menjadi pembuat konten.  

1. Cari Ide dengan Cara yang Menarik

Salah satu hal yang menarik tentunya akan digemari oleh masyarakat. Terlebih lagi konten yang disediakan harus menghibur dan bisa juga dalam konteks edukasi.

Hal tersebut harus disesuaikan dengan selera pasar yang dituju. Oleh sebab itu sebelum konten dibuat, maka pembuat konten harus mengenal siapa audiens yang akan dituju terlebih dahulu. 

Informasi mengenai audiens dapat dikelompokkan berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat. Dengan hal tersebut maka tema konten yang dipilih dapat semakin mengerucut dan lebih maksimal untuk memperoleh audiens.

2. Mengelola dan Membuat Strategi Konten

Dalam membuat konten harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Strategi yang ada biasanya dilakukan untuk menaikkan engagement agar banyak tawaran dari berbagai brand sebagai iklan atau sponsor.

Seperti banyak orang ketahui bahwa adanya iklan ini dapat menambah pemasukan atau pendapatan. Sedangkan strategi lain yang biasanya dilakukan yaitu menyesuaikan konten dengan karakteristik media tempat konten akan dipublikasikan nantinya.

3. Kemampuan Riset

Dalam proses membuat konten, tentunya diperlukan riset terlebih dahulu. Cara ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi pasar seperti tren dan kebutuhan audiens. 

Ketika melakukan riset pasar, maka diperlukan proses mengumpulkan data dan informasi pendukung untuk kebutuhan konten. Semakin dalam riset yang dilakukan, maka kebutuhan audiens juga bisa semakin terpenuhi.

Apalagi ketika pembuat konten berhasil membaca situasi pasar, maka dapat  semakin cepat menaikkan engagement.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Teknik ini sangat diperlukan agar konten yang Anda buat dapat mudah ditemukan pada laman pencarian. Misalnya untuk konten artikel, Anda harus mendapat peringkat empat teratas agar semakin banyak pengunjung yang membaca.

SEO ini dapat dikatakan sebagai upaya optimasi agar konten cepat muncul atau muncul pada tampilan teratas pada search engine. Tidak hanya berlaku pada artikel, teknik ini juga terbukti berguna untuk Youtube maupun podcast.


FAQ Terkait Content Creator

Siapa yang Membutuhkan Content Creator?

Semenjak teknologi mulai semakin canggih dan terus mengalami pembaruan, maka semakin banyak pula pembuat konten bermunculan.

Di samping itu, perusahaan besar juga tertarik merekrut content creator khusus untuk kampanye marketingnya.

Contoh orang-orang yang membutuhkan content creator adalah:
– Perusahaan besar
– Organisasi
– Usaha kecil
– Program
– Individu (Sosial Media Influencer)

Dimana Peluang Kerja untuk Content Creator?

Peluang kerja untuk seorang content creator, yaitu bisa bekerja sama dengan berbagai jenis brand. Terlebih lagi, dapat pula menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, karena nantinya dapat merekrut tim. 

Peluang lainnya yaitu bekerja pada suatu perusahaan seperti pada bidang marketing untuk keperluan promosi bisnis. 

Apa Saja Tips Jitu Menjadi Content Creator untuk Pemula?

Tips sebagai pemula yaitu memahami betul tugas content creator seperti apa agar dapat mengerti bagaimana alur kerja sebagai pembuat konten.

Lebih baiknya sebagai seorang pemula memiliki skill dan kemampuan yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Kesimpulan 

Setelah memahami Tugas content creator, apakah Anda tertarik menjadi seorang seniman? Tentunya hal ini bisa menjadi kemudahan untuk Anda dalam membuka peluang. 

Share.

Leave A Reply