Di masa sekarang ini, mencari tips upload foto dapat uang sudah lagi tidak menjadi hambatan untuk dijadikan sumber pendapatan tambahan. Pekerjaan ini salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dengan kerja online di rumah

Pastinya banyak objek yang dapat diambil untuk memenuhi kebutuhan pasar atau minat konsumen. Apabila semakin penasaran berikut penjelasan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menjual foto sekaligus menghasilkan uang.

Cara Menjual Foto di Situs/Apps Stock Photo

Hobi fotografi kini bisa menghasilkan uang, bagaimana caranya? Salah satunya yaitu dapat dilakukan dengan melisensikan di tempat jual foto online. Kini banyak platform yang dapat digunakan untuk menjual berbagai macam karya jepretan foto. 

Secara umum banyak sekali blog, majalah, brosur, hingga iklan yang membutuhkan stok foto unik dalam jumlah banyak. Salah satu cara untuk menjualnya di dalam suatu situs yaitu dengan memanfaatkan berbagai macam platform untuk mempermudah menjangkau pasar sekaligus pemasarannya.

Upload Foto dapat Uang di 10 Website Stock Photo Terbaik

Untuk melakukan kegiatan upload foto dapat uang, banyak sekali platform terbaik yang tersedia untuk membantu Anda. Oleh sebab itu, ulasan di bawah ini dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan aplikasi menjual foto terbaik dan paling direkomendasikan. 

1. Adobestock

Untuk menggunakan aplikasi ini, maka diperlukan registrasi terlebih dahulu atau menjadi kontributor. Pendaftaran dapat dilakukan dengan ketentuan yang sudah ada melalui pengisian form pada website resminya.  

Persyaratan menjual foto di Adobestock yaitu:

  • format file harus berupa JPEG,
  • dengan minimal resolusi 4 MP dan maksimal 100 MP.
  • Sedangkan kapasitas ukuran file dibatasi hingga sebesar 25 MB. 

Sedangkan persyaratan untuk desain vektor yang dapat dijual yaitu:

  • desain dengan format EPS dan JPEG
  • dengan ukuran 5000×3000 pixels.
  • Nantinya folder disatukan kemudian dikompres menggunakan ZIP file
  • dengan ukuran maksimal 45 MB.

Sedangkan untuk persyaratan video atau footage yaitu;

  • minimal resolusinya 1280×720, namun direkomendasikan full HD atau 4K.
  • Format file harus MOV, MP4, MPG atau AVI
  • dengan durasi video minimal 5 detik dan maksimal 1 menit. 

Untuk bisa menikmati fasilitas tersebut dapat mengunjungi link Adobestock pada websitenya.

2. Alamy

Situs berikutnya yaitu  Alamy yang berasal dari Britania Raya dan telah digunakan sejak tahun 1999.

Nominal royalti yang didapatkan dari aplikasi ini yaitu sebesar 50 persen untuk setiap penjualan foto. Terlebih lagi setiap hasil jepretan yang ditawarkan juga tidak diharuskan secara eksklusif. 

Perusahan dari situs ini telah menjalin hubungan dengan berbagai merek dan situs besar seperti Microsoft, the economist, bauer media, group dan lain sebagainya. Persoalan cara mendaftar sebagai kontributor di situs ini yaitu mengunjungi situs web Alamy dan mendaftar. 

Kemudian Anda harus membaca panduan apa pun yang akan diberikan, lalu dilanjutkan proses pengisian formulir khusus. Apabila sudah terdaftar sebagai kontributor, maka dapat memulai mengunggah gambar ke dalam situs secara langsung. 

Untuk persyaratan foto yang dijual yaitu:

  • menggunakan format JPEG RGB berkualitas tinggi
  • dengan ukuran file tidak lebih dari 17 MB.
  • Namun untuk unggahan pertama umumnya akan dibatasi sebanyak 4 foto saja. 

Berikut link alamy https://www.alamy.com/.

3. Shutterstock

Aplikasi Shutterstock memang paling popular dan banyak digunakan untuk upload  foto  dapat uang. Meskipun begitu, nominal harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi atau dapat dibilang standar. 

Sedangkan total keuntungan yaitu sebesar 30 persen dari nominal harga jual foto tersebut. Di samping itu, setiap foto yang dihasilkan tetap memiliki copyright dan dapat Anda jual di situs lain. 

Berikut link Shutterstock  https://www.shutterstock.com/.

4. Freepik

Upload foto dapat uang berikutnya dapat memanfaatkan situs Freepik. Upah yang ditawarkan pada situs ini dapat dikatakan cukup tinggi apabila dibandingkan dengan lainnya. 

Akan tetapi, persoalan seleksi gambarnya terbilang sangat ketat karena mempunyai berbagai syarat khusus. Namun, umumnya Freepik dianggap sebagai situs yang tepat untuk kalangan pemula.  

5. iStockphoto

Situs upload foto dapat uang berikutnya yaitu iStockphoto. Konten yang dijual pada situs ini tidak termasuk dalam kategori eksklusif, sehingga Anda bebas menjual ke pihak lain.

Persoalan royalti yang diberikan pada situs ini sebesar:

  • 15 persen untuk kontributor non eksklusif.
  • Akan tetapi dapat diperoleh kisaran 25 hingga 45 persen untuk kontributor eksklusif.

6. Picfair

Upload foto dapat uang dapat menggunakan situs terkenal lainnya bernama Picfair. Di situs ini Anda akan mendapatkan  royalti full tanpa ada potongan sepeser pun.

Sebelum mendaftar sebagai kontributor, Anda bisa mencoba menjadi anggota atau seller terlebih dahulu.

Situs ini menyediakan 3 jenis lisensi agreement yaitu:

  • editorial and personal licence,
  • commercial licence, dan
  • advertising licence.  

7. Etsy

Tips bagi pemula yang menggunakan situs ini, yaitu dapat membuat akun di Etsy terlebih dahulu, kemudian melakukan riset pasar untuk produk yang akan Anda jual. Selanjutnya dapat menciptakan identitas atau buat merek pribadi. 

Agar lebih mudah dicari, Anda dapat menggunakan kata kunci dalam deskripsi produk tersebut. Di samping itu juga harus bisa menciptakan nilai jual yang unik, dengan kemasan indah sekaligus.

8. Fotolia

Situs Fotolia ini sangat mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Namun persoalan harga yang ditawarkan pun cukup mahal, namun tentunya dalam segi hasil gambar diharuskan mempunyai kualitas sangat bagus.

Anda dapat mengunggah hasil foto kemudian menentukan harga jual yang diinginkan.  Dalam situs ini juga bisa melakukan penawaran sebagai pertimbangan harga yang ditawarkan.

Berikut link yang digunakan untuk menjual foto di situs fotolia https://www.fotolia.com.

9. Envato Elements

Tidak hanya Upload foto dapat uang, namun dalam situs ini juga dapat menjual video, musik, dan elemen grafis lainnya. Anda dapat bergabung sebagai anggota biasa atau affiliate maupun bergabung sebagai pembuat produk. 

Tentunya keduanya berbeda dan dapat mendapat keuntungan yang berbeda pula. Untuk bergabung dan menggunakan situs ini Anda bisa mengunjungi dan daftar pada situs resminya. 

10. Unsplash

Cara mendapatkan uang dari situs Unsplash yaitu mulai dari donasi hingga menjual gambar. Namun, dalam segi kualitas foto dtargetkan mempunyai kualitas maksimal.  

Apa Saja Jenis Foto yang Laku Dijual?

Di masa sekarang ini upload foto dapat uang dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai hasil karya. Yang mana, hal tersebut sudah lagi tidak memuat foto saja, namun ada pula video, hasil vektor, musik dan lain sebagainya. 

Kesimpulan

Upload foto dapat uang menjadi salah satu pilihan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tentunya dilakukan dengan cara mudah meskipun kalangan pemula. 

Share.

Leave A Reply